PENGARUH LOCUS OF CONTROL (LOC) DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN KEMAYORAN JAKARTA PUSAT

TRI JULI ANA UTAMI SIANTURI, . (2016) PENGARUH LOCUS OF CONTROL (LOC) DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN KEMAYORAN JAKARTA PUSAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT TESIS JULI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS JULI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I TRI JULI ANA UTAMI SIANTURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB II TRI JULI ANA UTAMI SIANTURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III TRI JULI ANA UTAMI SIANTURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV + Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB V tesis TRI Juli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TEsis TRI Juli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TRI JULI ANA UTAMI SIANTURI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP JUlI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
RINGKASAN TESIS JULI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
INSTRUMEN HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
INSTRUMEN TRI JULI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan manusia, pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Dalam semua sistem pendidikan, kinerja merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran di sekolah. Ini melibatkan penjelasan seberapa baik atau buruk seseorang telah menyelesaikan atau melakukan sebuah pekerjaan. Oleh karena itu guru merupakan komponen yang paling penting dari setiap sistem pendidikan. Disamping itu, faktor individual yang sering membuat kinerja guru tidak memberikan hasil memuaskan dapat diketahui melalui karakteristik psikologis yaitu locus of control. Gibson mengungkapkan bahwa “locus of control is a personality characteristic that describe people who see the control of their lives as coming from inside themselves as internalizers”.Locus of control adalah karakteristik kepribadian yang menggambarkan orang-orang yang dapat mengkendalikan kehidupan guru yang berasal dari dalam diri. Locus of control merupakan keyakinan seorang guru akan kemampuannya dalam menjalankan tugas mengajar.Selain locus of control masih ada lagi faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru yaitu kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan elemen penting dalam menentukan keberhasilan suatu pekerjaan. Keberadaan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak lepas dari pengaruh faktor internal maupun faktor eksternal yang membawa dampak pada perubahan kinerja guru.Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kemayoran antara lain: masih terdapat rendahnya tingkat pendidikan guru, kurangnya kreatifitas, kurangnya kedisiplinan, rendahnya pengetahuan tentang ilmu pengajaran, dan kurangnya kepuasan kerja dan locus of control (LOC).Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) gambaran yang jelas tentang:pengaruh Locus of control (LOC) dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja guru, (2) Mengetahui pengaruh positif pada LOC dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif-kausal. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel sebanyak 193 guru SMP Negeri Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk angket. Instrumen ini dikalibrasi dengan uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Untuk uji validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson, sedangkan koefisen reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Dari hasil pengujian hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif Locus of Control (LOC) terhadap kinerja,dengan hasil pengujian hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif LOC terhadap kinerja dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,288 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,233. Ini memberikan makna Locus of control (LOC) berpengaruh langsung positif terhadap kinerja.Hasil pengujian hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja terhadap kinerja,dengan hasil pengujian hipotesis kedua dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja terhadap kinerja dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,290 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,236.Ini memberikan makna kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Dari hasil pengujian hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif Locus of Control (LOC) terhadap kepuasan kerja,dengan hasil pengujian hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif LOC terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,231 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,231. Ini memberikan makna LOC berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja.Implikasi dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan kinerja melalui locus of control (LOC) dengan kendali individu yang berasal dari dirinya sendiri, respon perasaan individu terhadap pekerjaannya yang digeluti sesuai dengan harapan individu, tanggung jawab terhadap pekerjaan,mempunyai kemandirian dalam bekerja,mengatasi tekanan dalam bekerja,rasa percaya diri dan dapat mengatasi kegagalan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Lingkungan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:22
Last Modified: 13 Jan 2020 12:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item