PENGARUH KEGIATAN DOODLING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME Penelitian Subyek Tunggal Kelas I SDLB di SLB BC Mini Bakti Rawamangun

SUMIARTI, . (2017) PENGARUH KEGIATAN DOODLING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME Penelitian Subyek Tunggal Kelas I SDLB di SLB BC Mini Bakti Rawamangun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sumiarti.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Doodling terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik dengan autisme kelas I di SDLB BC Mini Bakti, Rawamangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalukan pengamatan pada proses kegiatan belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan pada peserta didik dengan autisme dapat meningkat melalui kegiatan Doodling. Kegiatan Doodling berdampak positif pada kemampuan menulis permulaan peserta didik dengan autisme. Oleh sebab itu, guru dan orang tua dapat menggunakan kegiatan Doodling pada kegiatan pembelajaran di sekolah ataupun di rumah. This research intended to find the effect of Activity Doodling with the ability to handwriting of grade I students with autism on the SDLB BC Mini Bakti, Rawamangun. The method of the research is Single Subject Research with A-B-A design. The technique of collecting the data is monitoring in teaching learning activities and documentation. The technique of analyzing the data is using visual analysis of condition. The result of the research shows the handwriting skills the students of autism which influences with Activity Doodling. The of Activity Doodling gives positive contribution to the handwriting skills of the students of autism. In conclusion the teachers and the parents enable to use Activity Doodling in teaching learning activities in school or home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. 2). Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 23:52
Last Modified: 21 Apr 2022 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item