POLA HUBUNGAN SOSIAL PEDAGANG PASAR TASIK (Studi Pada Pedagang Pasar Tasik Blok F Lantai 5, Tanah Abang)

ZULFI IKHSAN PUTRAJI, . (2017) POLA HUBUNGAN SOSIAL PEDAGANG PASAR TASIK (Studi Pada Pedagang Pasar Tasik Blok F Lantai 5, Tanah Abang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ZULFI (FULL).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pola hubungan sosial aktor-aktor ekonomi pasar yang ada di Pasar Tasik, Tanah Abang dalam upaya mempertahankan eksstensinya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, adalah untuk menjelaskan bagaimana jaringan yang terbentuk di Pasar Tasik dan pola hubungan sosial pedagang sebagai aktor sentral dalam kegiatan perdagangan di Pasar Tasik. Kedua, menjelaskan bagaimana pola yang terbentuk dari jaringan-jaringan tersebut menjadi faktor kebertahanan pedagang Pasar Tasik, Tanah Abang. Adanya pola hubungan dan jaringan sosial menguntungkan aktor dalam kegiatan ekonomi perdagangan di Pasar Tasik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus. Peneliti berusaha mendapatkan pemahaman terkait dengan pola hubungan yang terbentuk di Pasar Tasik. Peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber (primer dan sekunder). Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode wawancara langsung dan observasi, dengan 4 orang pedagang, 1 pengelola koperasi dan 2 orang pembeli. Hasil penelitian menunjukan kebertahanan pedagang di Pasar Tasik ternyata memiliki pola hubungan sosial yang unik dan tidak terlepas dari jaringan sosial yang mereka miliki, keberadaan jaringan sosial tidak terlepas dari peran banyak aktor yang terlibat di dalam kegiatan perdagangan seperti pembeli, rumah bordir, konveksi, koperasi dan pembeli itu sendiri. Jaringan-jaringan tersebut berinteraksi sehingga membentuk sebuah pola hubungan yang khas. Hasil temuan di lapangan menunjukan bahwa terdapat pola hubungan sosial yang unik yaitu pola hubungan simetris yang harmonis dan mutualisme dimiliki pedagang dalam kegiatan perdagangan pakaian muslim di Pasar Tasik yaitu pola hubungan asosiatif dan jaringan yang kuat sehingga mereka mampu mempertahankan usaha mereka. This study examines social relation pattern of market economy actors which exists in Tasik Market Tanah Abang in order to preserve their existence. The purpose of this study are; First, to explain about how network in Tasik Market formed and trader social relation pattern. Second, explains how the patterns formed from these network become factor of persistence of Tasik Market Trader. The exixtence of relation pattern and social network benefit the actors in economic trading activities in Tasik Market. This study use qualitative descriptive research method. Researcher tried to understand how relation pattern in Tasik Market formed. There is two data source that used in this reasearch (primary and secondary). Primary data is gathered from interview and observation, with four traders, one trader union management and two buyers. The result show that traders persistence in Tasik Market has unique social relation pattern and cannot be separated from their social network, the exitence of socila network is inseparable from the role of many ectors involved in trading activities such as buyers, embroidery houses, convection, traders union and buyers itself. These networks interact to form a distinctive relation pattern. Field research shows that there is a unique pattern of social relation namely harmonious symmetrical social relation pattern and mutualism relation that embedded in trader in moslem wear economy activities in Tasik Market specifically associative social pattern and strong network so that they able to preserve their business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Umar Baihaqki, M.Si 2) Dian Rinanta Sari, S.Sos, M.A.P
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:36
Last Modified: 22 Apr 2022 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27479

Actions (login required)

View Item View Item