CATUR AHDA DAROJATUN, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED-CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI PADA KELAS X MIA 4 SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
Catur Ahda_3315115764_Skripsi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas X MIA 4 pada materi stoikiometri melalui model flipped-classroom. Penelitian ini dilakukan pada Maret 2015-Mei 2015 di SMA Negeri 54 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Indikator motivasi belajar yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa antara lain minat siswa dalam pelajaran, perhatian siswa selama proses pembelajaran, semangat siswa dalam mengerjakan tugas- tugas belajarnya, respon yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas belajarnya, serta rasa senang dan puas siswa dengan tugas yang diberikan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Selain itu hasil belajar juga digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model flipped-classroom dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I indikator respon siswa sudah tercapai, sedangkan lima indikator lainnya belum tercapai. Pada siklus II indikator minat siswa, respon siswa, tanggung jawab siswa, dan semangat siswa telah tercapai, sedangkan dua indikator lainnya belum tercapai. Pada siklus III secara keseluruhan keenam indikator telah tercapai. Peningkatan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Model flipped-classroom menekankan pada keterlibatan siswa selama proses pembelajaran (student centre) sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif selama kegiatan pembelajaran, menstimulus siswa untuk inisiatif, dan menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa akan kemampuan dirinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Setia Budi, M.Sc. |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Kimia |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:45 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27489 |
Actions (login required)
View Item |