KEGIATAN BERMAIN PLAY DOUGH DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

TATIEK SETIONINGSIH, . (2017) KEGIATAN BERMAIN PLAY DOUGH DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TATIEK SETIONINGSIH - 161512863.pdf

Download (2MB)

Abstract

kajian pustaka ini bertujuan unutuk mengetahui dan mendeskripsikan bermain play dough dengan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun meliputi kemampuan koordinasi mata-tangan, kelenturan jari-jari tangan, kekuatan tangan. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Analisis yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis kualitatif, dengan mempertimbangkan bahwa tidak dilakukan kajian langsung dilapangan, dan fokus kajian pada analisis teori yang dilakukan dengan secara mendalam. Implikasi dari kajian pustaka ini adalah keterampilan motorik halus tidak matang dengan sendirinya tetapi memerlukan stimulus-stimulus yang harus diberikan agar dapat merangsang perkembang motorik halus menjadi lebih optimal. Salah satu rangsangan yang dapat diberikan kepada anak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus adalah melalui media yang lebih bervariatif seperti media play dough. Kegiatan bermain play dough dapat dilakukan meniru dan membentuk garis, datar, tegak, lengkung, lingkaran, huruf abjad. Kegiatan tersebut selain dapat merangsang perkembangan keterampilan motorik halus juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak, bahasa. This literature review aims to identify and describe the play play dough with fine motor skills of children aged 4-5 years include the ability to hand-eye coordination, flexibility of the fingers, hand strength. The method used is a literature review. The analysis used in this study is a qualitative analysis, considering that the study was not done directly in the field, and focus on the study of theoretical analysis performed by in-depth. The implications of this literature review is not mature fine motor skills by itself but requires stimulus should be given in order to stimulate fine motor developments become more optimal. One stimulus that can be given to children to improve fine motor skills is through a more varied media such as media play dough. Activity played play dough to do replicate and form lines, flat, straight, curved, circular, letter of the alphabet. These activities besides can stimulate the development of fine motor skills can also develop children's cognitive, language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Yudrik Jahja, M.Pd. 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:17
Last Modified: 22 Apr 2022 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27532

Actions (login required)

View Item View Item