SOFIA DEBI PUSPA, . (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 97 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Persetujuan Panitian Ujian Skripsi.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
35. Surat Keaslian Skripsi.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
36. Biodata penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 97 Jakarta pada kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling. Tahap pertama adalah purposive sampling, dalam hal ini dipilih enam kelas yang diajar oleh guru yang sama. Kemudian tahap kedua adalah cluster random sampling, enam kelas yang berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata dipilih dua kelas secara acak yang selanjutnya ditetapkan sebagai kelas eksperimen I dan II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan SPLDV sebanyak 4 butir soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk dan empiris. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,874 yang termasuk dalam kategori tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking. ********* This research aimed at finding out the comparison of mathematical problem solving ability of students who learn by using open ended approach and metaphorical thinking approach. The research was conducted in 97 Jakarta Junior High School in the 8th grade first semester of the school year in 2015/2016 on the simultaneous linear equations subject. Method used is quasi experiment (quasi-experiment). Sampling using two stage random sampling. The first stage is purposive sampling, in this case had six classes taught by the same teacher. Then the second stage is a cluster random sampling, six classes were normally distributed, homogeneous and have the same average randomly selected two classes which further designated as an experimental class I and II. Instrument of this research contains four questions that used mathematical problem solving ability test on the simultaneous linear equations subject. Prior to use, the instrument has gone through the test content validity, construct and empirical. Reliability calculations done using Alpha Cronbach formulae and obtained reliability coefficient of 0.874 which is included in the high category. It can be concluded that the mathematical problem solving ability of students who learn by using open ended approach higher than students who learn using metaphorical thinking approach.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprakarti, M.Pd. ; 2). Vera Maya Santi, M.Si. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 15:54 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |