STRATEGI PEMBELAJARAN KOMUNIKASI UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS IV DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR (Studi Deskriptif di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta Timur)

TRI FEBRIANTI MANURUNG, . (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN KOMUNIKASI UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS IV DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR (Studi Deskriptif di Kelas IV Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TRI FEBRIANTI MANURUNG.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran komunikasi kelas IV SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas IV SDLB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Strategi pembelajaran komunikasi dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran komunikasi secara tersirat masuk ke dalam mata pelajaran reguler. Tidak ada materi pembelajaran khusus untuk pembelajaran komunikasi, dan tidak ada strategi pembelajaran komunikasi khusus yang diberikan kepada peserta didik autisme. Oleh karena itu, guru sebaiknya merancang strategi pembelajaran khusus kepada peserta didik autisme untuk meningkatkan kemampuan komunikasi secara maksimal. This qualitative descriptive study aimed to gained the information on learning strategies of communication in class IV SDLB SLBN 7 East Jakarta. Subjects of this study consisted of one subject of class III SDLB. The writer used descriptive method with qualitative approach. The data collection is done by observation, interviews, and documentation and analyzed by using the model of Miles and Huberman. Learning strategies of communication is done from the planning, implementation, and evaluation. Results showed activity communication implicit learning into the regular lessons. No specific learning materials for learning communication, and no communication learning strategies specifically given to students with autism. Therefore, teachers should design specific learning strategies for students with autism to improve social interaction skills to the fullest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:37
Last Modified: 22 Apr 2022 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27599

Actions (login required)

View Item View Item