PENGGUNAAN MULTIMEDIA PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT

VERIN VERONICA TIARAWATI, . (2017) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALI ANGKE 06 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - VERIN VERONICA 1815133318.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun anak melalui penggunaan multimedia microsoft powerpoint siswa Kelas IV SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2017 dengan subjek penelitian siswa kelas IV-B yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, pengamatan dan catatan lapangan. Peningkatan keterampilan menulis pantun anak ditunjukkan dengan meningkat-nya presentase siswa kelas IV-A yang mencapai KKM (75) pada setiap siklus. Pada pra-siklus siswa yang mendapat nilai ≥75 berjumlah 7 siswa atau 15% dari 33 siswa, pada siklus I menjadi 8 siswa atau 24% dan pada siklus II menjadi 84% atau 24 siswa. Peningkatan juga terjadi pada kualitas aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 kualitas aktivitas guru mencapai 66,3% dan aktivitas siswa mencapai 67,6%.Pada siklus II kualitas aktivitas guru meningkat menjadi 80,3% dan aktivitas siswa menjadi 80,3%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint berhasil meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV-B SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Barat. This classroom action research aims to improve children's writing skills through the usage the multimedia microsoft powerpoint among the students of Class IV SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta. This research was conducted in April-May 2017 with the grade IV-B students as the subject of the research which amounted to 33 students. The method used in this research is Classroom Action Research with cycle model from Kemmis and Taggart which consists of planning, action, observation and reflection. This study was conducted in two cycles. Datas are collected through test, observations, and field notes. Improvement of the children's poem writing skills is indicated by the increase in the percentage of students in grade IV-A who reached KKM (75) in each cycle. In pre-cycle students who achived score ≥75 amounted to 7 students or 15% of 33 students, 8 students or 24% from the first cycle and 84% or 24 students from the second cycle. Improvement also occured on the quality of teacher and student activity. In cycle 1 the quality of teacher activity reached 66,3% and student activity reach 67,6%. In cycle II teacher activity quality increased to 80,3% and student activity also increased up to 80,3%. The results of this study indicated that the use of multimedia microsoft powerpoint managed to improve the writing skills of student class IV-B SDN Kedaung Kali Angke 06 West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 00:25
Last Modified: 23 Apr 2022 00:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item