Pengembangan Komik Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD

WISNU ARI SUSILO, . (2017) Pengembangan Komik Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Wisnu Ari Susilo_1215120019_Pengembangan Komik Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik pembelajaran. Komik pembelajaran dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa kelas V SD. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan mengikuti prosedur pengembangan model Baker & Schutz. Model pengembangan ini terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) Formulasi Produk, 2)Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi, dan 7) Analisis Operasi. Evaluasi komik pembelajaran meliputi empat tahap; tahap uji ahli, tahap satu-satu, tahap kelompok kecil, dan tahap uji lapangan. Tahap uji ahli komik diuji cobakan kepada satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Tahap satu-satu, komik diuji cobakan kepada tiga orang siswa dengan tingkat prestasi berbeda, dari yang terendah, sedang dan tertinggi. Tahap kelompok kecil, komik diuji cobakan kepada dua kelompok yang terdiri dari tiga orang siswa. Tahap terakhir, uji lapangan, komik diujicobakan kepada 30 orang siswa. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh data rata-rata keseluruhan uji coba ahli sebesar 3,6, rata-rata hasil uji coba satu satu sebesar 3,6, rata-rata hasil uji coba kelompok kecil sebesar 3,4, dan pada hasil uji coba lapangan dengan nilai awal sebesar 6,73 meningkat menjadi 8,13. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa komik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ‘Aku dan Laboratorium Cahaya’ yang dikembangkan dapat dikatakan sangat baik. The research aimed to producing a product of learning comics. The learning comics was used as a science learning medium for the fifth grade students in elementary school. This research was conducted by following the development procedure of Bake & Schutz model. This development model consisted of seven steps, namely: 1) Product Formulation, 2) Instructional Specification, 3) Prototype Test Item Tryout, 4) Product Development, 5) Product Tryout, 6) Product Revision, and 7) Operation Analysis. This research was conducted by using four phases in evaluating the learning comics; expert review phase, one to one phase, small group phase, and field test phase. In the expert review phase, the comics was tested to one material expert and one media expert. In one to one phase, the comics was tested to three students with different achievement levels, from the lowest, medium and highest levels. In the small group phase, the comics was tested to two groups consisting of three students. The last phase, field test, the comics was tested to 30 students. The test result showed the whole average of expert review evaluation was 3.6 . The average one to one test result was 3.6 . The average of small group test result was 3.4. The result from field test increased from 6.73 to 8.13. From these results, it could be concluded that the science learning comics “Aku dan Laboratorium Cahaya”, which has been developed, could be categorized as a very good comics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Robinson Situmorang, M.Pd. 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, M.M.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:43
Last Modified: 23 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27633

Actions (login required)

View Item View Item