PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION DENGAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI EKOSISTEM

DINA RACHMAWATI, . (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION DENGAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DINA RACHMAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dalam menganalisis dan menemukan berbagai alternatif jawaban suatu masalah. Pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa antara lain model pembelajaran ARIAS dan STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambun Selatan pada bulan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test only group design. Sampel penelitian pada masing-masing kelompok berjumlah 32 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji homogentias dengan uji F. Berdasarkan perhitungan diperoleh data normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan p-value yaitu 0,000, dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran model Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction dengan Student Teams-Achievement Divisions pada materi ekosistem. Critical thinking is the thinking skills to analyze and identify solution of many problems. Several learning models have been suggested to develope student critical thinking skills including ARIAS and STAD learning model. The aim of this research was to compare between student critical thinking skill using Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction and Student Teams-Achievement Divisions Learning Model on Ecosystem Topic. This research was conducted at SMAN 1 Tambun Selatan on May 2014. A quasi experimental method with Post-test only group design was used in this research. A total sample of 32 students was selected by simple random sampling. Normality and homogeneity test performed by Kolmogorov-Smirnov and F-test, respectively, showed a normal and homogenous data distribution. The statistical Hypothesis test resulted from t-test with significance level at α= 0.05 showed the p-value was 0.000. Based on the result, it was concluded that there is differences student critical thinking skills using Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction and Student Teams-Achievement Divisions learning model on ecosystem topic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Reduk Nilawarni, DA. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut.,M,Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 02:21
Last Modified: 09 May 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item