VIAN OCTRIALIN AP, . (2015) HUBUNGAN MOTOR ABILITY DAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text
RINGKASAN dan DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motor ability dengan hasil belajar pendidikan jasmani, mengetahui hubungan minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani, serta mengetahui secara bersama�sama antara motor ability dan minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas X SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada 06 April 2015 di SMA Negeri 30 Jakarta, menggunakan metode survey yaitu teknik korelasi dengan cara mengukur motor ability, mengukur minat siswa dengan angket serta mengambil nilai hasil belajar pendidikan jasmani siswa semester genap. Ketiga data tersebut dikumpulkan kemudian dikorelasikan dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 30 Jakarta berjumlah 288 dan untuk dijadikan sampel penelitian dengan Random Sampling (sensus) sebanyak 30 orang. Metode statistik dalam menganalisa data penelitian ini menggunakan korelasi sederhana dan korelasi berganda yang diujikan dengan tebel r, sedangkan instrumen penelitian terdiri dari tes motor ability dengan menggunakan Barrow Motor Ability Test, Minat menggunakan tes minat melalui angket, dan nilai hasil belajar pendidikan jasmani diperoleh melalui nilai rapor hasil belajar siswa sebagai data dari nilai hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji r dengan taraf signifikan α 0,05 dan n = 30 diperoleh r tabel = 0,361. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka diperoleh Koefisien korelasi (rx1y) = 0,63 dengan t hitung sebesar 4,27 dan t tabel sebesar 2,05. Karena t hitung > t tabel maka terdapat hubungan positif antara ii motor ability dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Sedangkan untuk hubungan minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani diperoleh Koefisien korelasi (rx2y) = 0,76 dengan t hitung sebesar 6,19 dan t tabel sebesar 2,05. Karena t hitung > t tabel maka terdapat hubungan positif antara minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Untuk hubungan kedua variabel secara bersama-sama diperoleh nilai koefisien korelasi (rx1-2y) = 0,87 dengan F hitung sebesar 38,00 dan F tabel sebesar 3,35. Karena F hitung > F tabel maka terdapat hubungan positif motor ability dan minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Uji koefisien determinasi untuk r2 x1y sebesar 39,69% sedangkan 60,31% merupakan variasi faktor lainnya yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisien determinasi untuk r2 x2y 57,76 % sedangkan 42,24% merupakan variasi faktor lainnya yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisien determinasi untuk r2 x1-2y sebesar 75,69 % sedangkan 24,31 % merupakan variasi faktor lainnya yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat hubungan positif motor ability dengan hasil belajar pendidikan jasmani, terdapat hubungan positif minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dan terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara motor ability dan minat dengan hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa SMA Negeri 30 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Iwan Setiawan, M.Pd. ; 2). Drs Oman Unju Subandi, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Penjaskesrek |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 06:12 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 06:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27836 |
Actions (login required)
View Item |