HERU MIFTAKHUDIN, . (2015) MODEL PENGEMBANGAN ALAT BANTU LATIHAN (HAND PADDLE) SEBAGAI MEDIA LATIHAN PADA PERENANG KELOMPOK UMUR IV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model alat bantu latihan (hand paddle) sebagai media latihan melatih kerapatan jari tangan pada perenang kelompok umur IV. Penelitian dilakukan dengan metode research and development untuk mendapatkan model modifikasi yang sesuai dengan tujuan pengembangan alat, dimana berdasarkan teori biomekanika, peningkatan luas penampang (A) berbanding lurus dengan peningkatan drag yang dihasilkan. Modifikasi hand paddle dikembangkan melalui uji coba skala kecil terhadap 6 perenang KU IV Klub Indonesia Star Aquatic dan uji coba skala besar terhadap 29 perenang KU IV dari 3 perkumpulan renang Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian dilibatkan dalam prosedur eksperimen pre-post test design dengan 6 kali sesi latihan menggunakan paddle modifikasi. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi untuk kemudian mendapatkan selisih skor pre-test dan post-test. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan terdapat perubahan efektifitas posisi jari tangan dari yang diharapkan sebesar 24% yang merupakan selisih antara persentase pretest sebesar 63% dan persentase posttest sebesar 87%. Sementara itu, hasil uji coba skala besar menunjukkan adanya perubahan persentase efektifitas sebesar 26% yang merupakan selisih antara persentase pretest sebesar 67% dan persentase post-test sebesar 93%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ika Novitaria Marani, S.Pd,SE,M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 01:55 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 01:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27856 |
Actions (login required)
View Item |