PENGARUH EMPATI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA

MARDIANA, . (2017) PENGARUH EMPATI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER DLL.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap motivasi kerja guru sekolah luar biasa (SLB). Populasi pada penelitian ini adalah guru sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian guru SLB sebanyak 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah skala yaitu motivasi kerja guru berdasarkan teori dari Louis George dan Tara Sabhapathy. Sementara skala empati diadaptasi dari alat ukur The QCAE (a Questionnaire of Cognitive and Affective Emphaty). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai F hitung 11.272 > F tabel 3.96 dengan nilai p = 0.001 (p < 0.05). Artinya bahwa terdapat pengaruh antara empati dan motivasi kerja guru pada guru SLB. Pengaruh yang dihasilkan bersifat postif, yang berarti jika empati pada guru SLB tinggi maka motivasi kerja guru akan tinggi. This study aims to determine the effect of empathy on teachers work motivation in special needs school. The population of this study are the teachers of special needs school. This study uses a quantitative method with the sample amounted to 81 respondents. This study uses two scales which are the scale of teacher’s work motivation and empathy scale. Both of the scale were arranged by researcher based on work motivation theories of Louis George and Tara Sabhapathy. Emphaty scale based on empathy theories of The QCAE (a Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy). The hypothesis test used in this study using a regression analysis one predictor. Based on the analysis of data, obtained F count 11.272 > F Table 3.96 with p = 0.001 (p < 0.05). Its means there is a significant influence of empathy on teacher’s work motivation in special needs school. The result shows a positive influence which means if there’s a high level of empathy in special need school’s teachers, then the level of work motivation will be high.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Iriani Indri Hapsari, M.Psi 2) Drs. Herwanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:13
Last Modified: 25 Apr 2022 05:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27859

Actions (login required)

View Item View Item