PERBANDINGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA PESERTA MENTORING ISLAM DENGAN SISWA BUKAN PESERTA MENTORING ISLAM KELAS XII SMAN 31 JAKARTA

MARYAM HAFIZOH, . (2017) PERBANDINGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA PESERTA MENTORING ISLAM DENGAN SISWA BUKAN PESERTA MENTORING ISLAM KELAS XII SMAN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARYAM HAFIZOH_1125121071_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecerdasan emosional antara siswa peserta mentoring Islam dengan siswa bukan peserta mentoring Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan skala psikologi. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dari Diah Susilowati berdasarkan teori Daniel Goleman. Sampel penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu disproportionate stratified random sampling. Hasil uji reliabilitas skala kecerdasan emosional sebesar 0,87 dengan 55 item valid dianalisis dengan menggunakan model Rasch. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test independent sample menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peserta mentoring Islam memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa bukan peserta mentoring Islam. The purpose of this research was to know the comparison of emotional intelligence among students who participating Islamic mentoring and not participating Islamic mentoring. The method of this research is quantitative with psychology scale. The instrument that used is Emotional Intelligence Scale by Diah Susilowati based on Goleman’s theory. There are 70 samples of respondent. This research used disproportionate stratified random sampling. The coefficients reliability of emotional intelligence scale was 0,87 with 55 valid items that had been analyze by Rasch model. t-test independent sample was used to test the hypotheses by using SPSS application. The results of this research has show that students who participating Islamic mentoring has higher emotional intelligence than students who not participating Islamic mentoring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fitri Lestari Issom, M.Si 2) Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:57
Last Modified: 25 Apr 2022 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item View Item