AZHAR HASAN, . (2015) Aspek Budaya Dalam Buku Ajar Bahasa Prancis Version Originale 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Azhar Hasan - Skripsi, ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text
Azhar Hasan, Jurusan Bahasa Prancis, FBS UNJ - Skripsi, Juni 2015.pdf Download (5MB) |
|
Text
CV AZHAR HASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan aspek budaya yang terdapat dalam buku ajar Version Originale 1 sebagai buku ajar dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan pendekatan aksional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pemaparan dan fungsi dari aspek kebudayaan tersebut yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan analisis isi. Objek penelitian ini adalah buku ajar Version Originale 1 yang ditujukan kepada pembelajar bahasa Prancis usia remaja pada tingkat awal. Data dalam penelititan ini berupa materi ajar dalam bentuk foto, teks, dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam 4 Unité pertama dalam buku ajar Version Originale 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel data yang dibuat berdasarkan teori pemaparan aspek budaya dalam buku ajar. Sebelum proses analisis dilakukan, data terlebih dahulu direduksi dengan mengambil 4 unité pertama dari 8 unité, dan menyeleksi dokumen berupa teks, foto, dan ilustrasi yang mengandung aspek budaya. Data tersebut kemudian disajikan dalam tabel analisis data yang diklasifikasikan berdasarkan bagian-bagian pada tiap Unité (Premier Contact, Textes et contexts, À la découverte de la langue, Outils, Outils en action et… Taches, dan Regard sur). Setelah itu, data dikelompokkan sesuai kandungan aspek budaya yang dipaparkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek budaya dalam buku ajar Version Originale 1 sangat beragam. Di samping itu, aspek budaya yang dipaparkan cenderung terdapat pada bagian Premier contact dan Regard sur. Aspek budaya yang bertujuan sebagai kompetensi savoir antara lain tentang keadaan masyarakat Prancis yang heterogen karena keberadaan imigran. Selain itu juga institusi seperti Université de Lyon, dan gaya hidup masyarakat Prancis seperti berpergian, bekerja, serta memaparkan gaya hidup di beberapa wilayah tempat tinggal yang berbeda, seperti di pedesaan, di pusat kota, dan di pinggir kota. Di samping itu, terdapat aspek budaya yang ditujukan untuk kompetensi savoir-vivre yaitu mengenai perilaku sosial dari masyarakat Prancis di perkotaan, pedesaan, dan pinggir kota. Aspek budaya sebagai savoir-faire yaitu mengenai praktek kebahasaan formal dan informal dalam bahasa Prancis, serta tata cara penulisan nama, alamat, dan nomor telepon dalam bahasa Prancis. Penelitian ini diharapkan mampu membantu pemerolehan kompetensi kultural yang terkandung dalam buku ajar sehingga berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. ; 2). Ratna, S.Pd, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2022 05:13 |
Last Modified: | 11 May 2022 05:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27966 |
Actions (login required)
View Item |