HUBUNGAN SOFT SKILL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN BADAN DI SALON KECANTIKAN

SINTA PRABAWATI KIRANA, . (2017) HUBUNGAN SOFT SKILL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN BADAN DI SALON KECANTIKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SINTA LENGKAP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan data yang sahih dan dapat dipercaya secara empiris mengenai Hubungan Soft Skill Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Badan Di Salon Kecantikan (Studi Kasus Di DiarraQueen Beauty & Spa). Penelitian dilakukan pada bulan November - Desember 2016 di Puloasem Utara, Jakarta Timur dengan menggunakan metode survei, dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan DiarraQueen Beauty & Spa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purpossive sampling, dalam penelitian ini 30 pelanggan dipilih berdasarkan kriteria khusus, yaitu pelanggan yang melakukan perawatan badan dan pelanggan yang melakukan kunjungan ke DiarraQueen Beauty & Spa minimal 2 kali kunjungan. Uji coba instrumen penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen yang akan dijadikan alat pengumpul data. Dari pengujian validitas variabel X menghasilkan 40 butir pernyataan yang diujikan mendapatkan 31 butir pernyataan yang valid dan 9 butir pernyataan yang drop, sedangkan validitas variabel Y menghasilkan 40 butir pernyataan yang diujikan mendapatkan 30 butir pernyataan yang valid dan 10 butir pernyataan yang drop. Uji reliabilitas instrumen menghasilkan angka reliabilitas sebesar 0,954 untuk variabel X dan 0,955 untuk variabel Y, dari keduanya menunjukkan instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Untuk uji persyaratan analisis, peneliti menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov yang menunjukkan nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,200 (variabel X) lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05 dan sebesar 0,081 (variabel Y) lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05. Hal ini menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi, peneliti menggunakan tabel ANAVA yang menghasilkan Fhitung sebesar 16,124 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,20 dengan taraf signifikansi 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa persamaan regresi berarti dan untuk uji linearitas regresi, menunjukkan Fhitung sebesar 0,694 dan Ftabel sebesar 3,44 sehingga diketahui Fhitung < F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki regresi linier. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji koefisien product moment dan uji t. Hasil menunjukkan r hitung sebesar 0,605 lebih besar dari r tabel 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t menunjukkan nilai sig. 0,028 lebih kecil dari sig. 0,05 yang berarti signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara soft skill (X) dan kualitas pelayanan (Y) pada pelanggan. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi dunia pendidikan dan praktisi kecantikan, bahwa soft skill dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. This study aims to collect empirical reliable data to determine Correlation Between Soft Skill With Body Treatment Service Quality In Beauty Salon (Case Study in DiarraQueen Beauty & Spa). The research is done in period November – December 2016 in Puloasem Utara, east Jakarta using analyzed quantitatively method. Population target in this research are all of the customers in DiarraQueen Beauty & Spa. Sampling using purpossive sampling method, in this research there will be 30 customers as a sample with population specialized in body treatment and customers who make an appointment in DiarraQueen at least 2 times. Instrument test aims to know validity and reliability gathered data instrument. X variable validity test result are from 40 statements tested, 31 statement are valid and 9 statement are not valid. Y variable validity test result are from 40 statements tested, 30 statement are valid and 10 statement are not valid. Reliability test result are 0,954 for X variable and 0,955 for Y variable. All of the variable showing high result of reliability. For analysis requirements test, normality test using Kolomogorov-Smirnov method which determine probability score (Sig.) 0,200 (X variable) bigger than significant degree (α) 0,05 and (Sig.) 0,081 (Y variable) bigger than significant degree (α) 0,05 which means that population distribution is normal. For regression test using ANAVA table, result is Fhitung is 16,124 more than Ftabel 4,20 with significant 5%. For linearity regression, result is Fhitung is 0,694 and Ftabel 3,44 with Fhitung < F tabel, the conclusion is the sample is having linier regression. Hypothesis test using coefficient product moment method and t test. Result determine rhitung 0,605 more than rtabel 0,361 which means Ho rejected and Ha approved. T test result showing sig. amount 0,028 less than sig. 0,05 which means significant. The result is determine there is a significant correlation between soft skill (X) and body treatment service quality (Y) in DiarraQueen Beauty & Spa customers.The benefit of the research are to give a perspective and knowlegdement between soft skill and service quality for beautician and lecturer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rita Susesty 2) Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:57
Last Modified: 25 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item View Item