PICTURE BOOK “LINDUNGI HEWAN LANGKA PAPUA” DALAM DESAIN KARAKTER BERBASIS MARKER MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY

SICILLIA STEPHANI TALENSIA, . (2017) PICTURE BOOK “LINDUNGI HEWAN LANGKA PAPUA” DALAM DESAIN KARAKTER BERBASIS MARKER MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LPKSR Sicillia.pdf

Download (22MB)
[img] Text
CV.pdf

Download (3MB)

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah sebuah teknologi yang memiliki konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada pada dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara ‘menggambar’ objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan mudah dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek bidang, salah satunya adalah sarana pendidikan dan hiburan bagi anak-anak. Augmented Reality dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang interaktif, dimana anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya namun tetap dapat melihat dunia nyata. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang ditujukan untuk anak usia 7-9 tahun dalam media picture book sebagai marker yang bertemakan tentang hewan langka yang berada di wilayah Papua, Indonesia. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai software pengembang Augmented Reality dengan Unity berbasis Android. Media picture book berisi tentang cerita dari tiga hewan langka Papua, Indonesia berdasarkan kejadian nyata atas permasalahan populasi yang sedang dihadapi. Augmented Reality (AR), is a technology that has the concept of combining real-world dimensions with virtual world dimensions that are in realtime view. Augmented Reality is not like a virtual reality that completely replaces what is in the real world, but just adds or completes. This is done by 'drawing' a threedimensional object on a marker, a pattern that is unique and recognizable by its application. Smartphones allow the development of Augmented Reality applications easily accessible to many users. Augmented Reality can be utilized in various aspects of the field, one of which is educational and entertainment facilities for children. Augmented Reality can be used to create an interactive learning environment, where children can interact directly with cyberspace objects while still being able to see the real world. In this final project, an Augmented Reality application is developed for children aged 7-9 years in picture book media as a marker on the theme of rare animals located in Papua, Indonesia. This app was created with Vuforia SDK as Augmented Reality developer software with Android based Unity. Media picture book contains the story of three rare animals Papua, Indonesia based on real events on the problems of the population being faced.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rizki Taufik Rakhman, S.Si, M.Sn. 2). M.C. Wara Candra Sari, S.Sn.
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:21
Last Modified: 26 Apr 2022 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27978

Actions (login required)

View Item View Item