PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI KOMPETISI MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES) UNJ BERBENTUK VIDEO LIVE SHOT DAN ANIMASI 2D

SILKA NAJAH, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI KOMPETISI MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES) UNJ BERBENTUK VIDEO LIVE SHOT DAN ANIMASI 2D. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5235134422-SILKA NAJAH.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kompetisi pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) adalah sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Namun sebagian mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta masih belum sepenuhnya mengetahui informasi tentang kompetisi pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Sehingga diperlukan media sosialisasi lain yang lebih menarik untuk mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta agar lebih mengetahui dan memahami informasi terkait kompetisi. Metode pengembangan media sosialisasi ini menggunakan Metode R&D (Research & Development) dengan model pengembangan Multimedia menurut Suyanto. Media sosialisasi ini berbasis animasi dua dimensi (2D) dan video live shot dengan menggunakan media elektronik seperti televisi yang tersedia di tiap Jurusan maupun Fakultas Universitas Negeri Jakarta dan sosial media seperti Instagram sebagai alternatif sosialisasi kompetisi pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Dalam pengembangan media sosialisasi, secara keseluruhan diperoleh hasil perhitungan skor dari validator dengan kategori sangat baik dan nilai persentase kelayakan produk adalah 100%. Sedangkan hasil perhitungan skor uji coba responden yang dilakukan oleh 125 mahasiswa secara keseluruhan dikategorikan sangat efektif dengan nilai persentase kelayakan produk adalah 96,96. Media sosialisasi tentang kompetisi pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Universitas Negeri Jakarta dikategorikan sangat baik dan sangat efektif dalam menyampaikan informasi secara lebih jelas dan mudah dimengerti, serta meningkatkan minat mahasiswa untuk mengikuti kompetisi. Outstanding Student Competition is an activities to choose or seek out and reward students who achieve high achievement in both the academic and non-academic. However, some college student in State University of Jakarta are still not informed about the competition. So that more interesting socialization media is needed for the college students in State University of Jakarta to better know and understand the related information of the competition. The method used is R & D development method (Research & Development) with the development model by Suyanto. This socialization media is based on live shot video and 2D animation by using electronic media such as television available in each Department and Faculty at State University of Jakarta and social media such as Instagram as an alternative socialization of competition. In the development of socialization media, the overall result of the score calculation by validator categorized as very well with the percentage value of product feasibility is 100%. Meanwhile, the results of respondents' answers score calculation performed by 125 college students, overall categorized as very effective with the percentage value of product feasibility is 96.96. Socialization media about Outstanding Student Competition at State University of Jakarta is categorized as very good and very effective in conveying information more clearly and easy to understand, as well as increasing student interest to competition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prasetyo Wibowo Yunanto, ST., M.Eng 2) Vina Oktaviani, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:17
Last Modified: 26 Apr 2022 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27979

Actions (login required)

View Item View Item