PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XI IIS 2 SMAN 27 JAKARTA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN)

SHELLA FACHRIZKY, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XI IIS 2 SMAN 27 JAKARTA (SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SAMPUL (19 files merged).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI IIS 2 SMAN 27 Jakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran ini, keterampilan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI IIS 2 meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama nilai rata-rata Post Test 1 adalah 72.9 dan terdapat 17 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. Hasil ini menunjukkan peningkatan 26.1 point dibanding sebelum dilakukan tindakan dengan nilai rata-rata Pre Test 46.8. Walaupun demikian, nilai rata-rata siklus pertama ini masuk dalam kategori rendah di bawah nilai KKM. Pada siklus kedua menunjukkan peningkatan dibanding siklus pertama. Nilai rata-rata Post Test 2 adalah 82.9 dan terdapat 2 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini menunjukkan pencapaian ketuntasan belajar minimum tercapai. This study aims to improve the reading comprehension skills of students of class XI IIS 2 SMAN 27 Jakarta by using cooperative learning model Teams Assisted Individualization type. The hypothesis of action in this study is through the use of this learning model, the reading comprehension skills of French students of class XI IIS 2 increases. The approach used is quantitative and qualitative approach. This research is done by using Action Research method which refers to model Kemmis and Mc Taggart. This study consists of two cycles, each cycle consisting of planning, execution, observation, and reflection. The results show that in the first cycle the average value of Post Test 1 is 72.9 and there are 17 students who get the value below KKM (Criteria Completed Minimum) 75. This result shows an increase of 26.1 points than before the action performed with the average value of Pre Test 46.8. Nevertheless, the average value of this first cycle falls into the low category below the KKM value. In the second cycle shows an increase compared to the first cycle. The average value of Post Test 2 is 82.9 and there are 2 students who get score below the KKM. This shows the achievement of minimum learning completeness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. 2). Dr. Amalia Saleh, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:40
Last Modified: 26 Apr 2022 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item