HUBUNGAN ANTARA TEACHER QUESTIONING DENGAN COGNITIVE ENGAGEMENT MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI HEWAN

ELLYS SUFIA FIRSANTI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA TEACHER QUESTIONING DENGAN COGNITIVE ENGAGEMENT MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI HEWAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsiEllys.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa adalah sebutan untuk individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi dan telah memiliki pengalaman belajar yang maksimal sehingga motivasi belajar yang dimiliki juga tinggi. Motivasi belajar yang tinggi mempengaruhi keterikatan seseorang dengan mata kuliah yang diambil yang disebut dengan Cognitive Engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara teacher questioning dengan cognitive engagement mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Hewan. Penelitian dilakukan di jurusan Biologi pada bulan Mei – Juni 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan wawancara. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan di semester 100 (semester genap tahun 2014). Penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara teacher questioning dengan cognitive engagement mahasiswa pada mata kuliah fisiologi hewan. College students are name for those who are being on higher education and have had maximal experience on studying thus have high motivation. High motivation affect engagement that known as cognitive engagement. The purpose of this study was to perceive correlation between teacher questioning and cognitive engagement. The research was conducted at Biology Department on May–June 2014. Correlational design were used to collect the data by doing survey and interview. The participants of this study were 40 students who were taking animal physiology on term 100. Results of this study was indicated that there is positive correlation between teacher questioning and cognitive engagement on animal physiology. The involved factors are discussed

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yulia Irnidayanti, M.Si. ; 2). Dra. Reduk Nilawarni, DA
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 00:55
Last Modified: 10 May 2022 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item