PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BERKARYA SENI TARI KREASI KELAS XI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMAN 2 DEPOK

ARINTYAS ANINDA KHAIRANI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BERKARYA SENI TARI KREASI KELAS XI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMAN 2 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Arintyas Aninda Khairani.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar berkarya seni tari kreasi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Depok melalui penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing dan model pembelajaran mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan variabel bebas model pembelajaran penemuan terbimbing (A1), model pembelajaran mandiri (A2) dan variabel terikat adalah hasil belajar berkarya seni tari kreasi (Y). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dan pengambilan sampel dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang populasinya berjumlah 320 siswa dengan sampel 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan yang dilakukan pada proses pembelajaran dan produk hasil karya dengan menggunakan acuan teori komposisi Jacqueline Smith dan teori kreativitas dengan model pembelajaran dan analisis data menggunakan uji F dan Q dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis data penelitian ini adanya perbedaan hasil belajar berkarya tari kreasi siswa melalui model pembelajaran penemuan terbimbing dan mandiri. Nilai rata-rata hasil belajar berkarya seni tari kreasi melalui model pembelajaran penemuan terbimbing sebesar 90,7 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar berkarya seni tari kreasi melalui model pemeblajar mandiri sebesar 88,2. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar berkarya seni tari kreasi melalui model pembelajaran peemuan terbimbing memiliki hasil lebih tinggi dari hasil belajar berkarya seni tari kreasi melalui model pembelajaran mandiri. Hal tersebut diperkuat dengan perhitungan pengujian statistik menggunakan uji anava (F) dan didapat Fhitung >Ftabel (7,30 > 4,07). Maka H0 ditolak, sehingga disimpulkan hasil belajar berkarya seni tari kreasi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dan mandiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan. This study aims to find the difference of learning result of art creations dance creations in grade XI students in SMA Negeri 2 Depok through the use of guided discovery learning model and independent learning model. This research was conducted in SMA Negeri 2 Depok. The method used in this research is quantitative method with independent variables of guided discovery learning model (A1), independent learning model (A2) and dependent variable is the result of creative work of dance creations (Y). The approach used is the experimental approach and sampling with Proportionate Stratified Random Sampling that the population amounted to 320 students with a sample of 38 students. Technique of collecting data with skill test conducted on learning process and product of the work by using reference theory of Jacqueline Smith composition and creativity theory with learning model and data analysis using F and Q test with hypothesis prerequisite test. The results of this research data analysis of the differences in learning achievement work dance creations students through guided discovery and independent learning model. The average value of learning achievement creates creative dance art through a guided discovery learning model of 90.7 while the average value of learning achievement creates creative dance art through self- learning model of 88.2. So it is concluded that the learning result of art creations dance creations through guided learning model has resulted higher than the result of learning to create dance creations through independent learning model. This is reinforced by the calculation of statistical tests using anava test (F) and obtained Fcount> Ftable (7.30 > 4.07). Then H0 rejected, so it is concluded the result of learning work of art of dance creations with learning model of guided and independent discovery has significant difference.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. 2) Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:08
Last Modified: 26 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28025

Actions (login required)

View Item View Item