EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE FIRING LINE DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Kartini I Jakarta)

PUTRI DWI GHANESHA, . (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE FIRING LINE DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Kartini I Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI DWI GHANESHA 2915086729.pdf

Download (1MB)
[img] Text
kartu tanya firing line bab 14.pdf

Download (258kB)
[img] Text
kartu tanya firing line bab 15.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Foto Kegiatan Firing Line.pdf

Download (88kB)
[img] Text
RPP skripsi bab 15.pdf

Download (83kB)
[img] Text
RPP skripsi bab 14.pdf

Download (85kB)
[img] Text
posttest 10-15.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan yang menjadi kendala siswa dalam mempelajari pola kalimat bahasa Jepang atau bahasa kedua lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan strategi pengajaran yang tepat dan efektif. Sehingga penulis menerapkan strategi active learning tipe firing line dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bahasa Jepang siswa yang mengikuti pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang pada siswa SMA Kartini I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Kartini I Jakarta, dan sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa, 30 siswa sebagai kelas Kontrol dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes ( posttest) dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data tes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 8,24 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 6,67. Dari nilai rata-rata tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 8,6692, sedangkan untuk nilai ttabel dengan db= 59 pada 5% sebesar 1,6 dan pada 1% sebesar 2,3. maka thitung lebih besar dari ttabel . Sehingga dapat disimpulakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa strategi active learning tipe firing line memudahkan siswa dalam memahami pola kalimat dan mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sudjianto, M.Hum. ; 2). Tia Ristiawati, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 01:07
Last Modified: 10 May 2022 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item