PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MALAKA JAKARTA

SERVIA YUNI SARI, . (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MALAKA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SERVIA YUNI SARI_5235127265_PTIK NR12fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X MM di SMK Malaka Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai dengan November 2016. Model pembelajaran Think Pair Share diterapkan di kelas eksperimen yaitu kelas X MM 1 dan model pembelajaran Make A Match di terapkan di kelas kontrol yaitu kelas X MM 2. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Malaka Jakarta Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk mendapatkan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara menguji siswa dengan memberikan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Simulasi Digital Kelas X MM di SMK Malaka Jakarta Timur yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji-t) yaitu diperoleh nilai thitung = 4,336 dan ttabel = 2,001. Karena thitung > ttabel yaitu 4,336 > 2,001, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,900 sedangkan siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,067. Hal ini membuktikan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share memilki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. This research aims to enhance the knowledge in comparison between cooperative learning of Think Pair Share model with Make A Match model toward students learning result for digital simulation subject at 10th grade SMK Malaka East Jakarta. The research conducted on Oktober 2016 until November 2016. Learning model of Think Pair Share applied in experiment class which is X MM 1 and Make A Match model applied to control class which is X MM 2. Population in this research was 60 students of 10th grade SMK Malaka East Jakarta 2016/2017. The research use quantitative method by treated both of class differently. Sample collected by using simple random sampling technique. To collect data for this research is by doing posttest for measuring the kognitif ability with multichoices. The final result of this research conclude that there has the differencies between cooperative Think Pair Share model and cooperative Make A Match model at 10th grade SMK Malaka East Jakarta proven by analitycal data (uji-t) which is proven by value Tcount = 4,336 and Ttable = 2,001. Because Tcount > Ttab or 4,336>2,001, so it can said H0 is rejected. The result of student learning which is applied with cooperative Think Pair Share type resulted the mean square 86,900 and the result which is applied with cooperative Make A Match type resulted the mean square 81,067. This is prove that the score students result using cooperative learning with Think Pair Share higher than using cooperative learning with Make A Match model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd 2) Bambang Prasetya Adhi, M.Kom
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:20
Last Modified: 26 Apr 2022 02:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item