ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL KARYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA

SARAH LUTHFIAH, . (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL KARYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktorfaktor dominan yang mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia kelas XI Multimedia di SMKN 7 Jakarta yang beralamat di Jl. Tenggiri No.1 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SMKN 7 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis faktor. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI jurusan Multimedia di SMKN 7 Jakarta. Data primer di penelitian ini menggunakan skala likert 1-4 karena skala ini dapat mengukur gejala berupa perilaku atau sikap responden. Instrumen dikatakan reliabel dan valid apabila nilai KMO ≥ 0.5. Penelitian ini dibatasi dua faktor yang mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia, yaitu faktor internal yang terdiri dari minat, bakat, kognitif, dan intelegensi, serta faktor eksternal yang terdiri dari kurikulum, program, sarana dan fasilitas, dan guru. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa faktor internal memiliki KMO sebesar 0.70 dan faktor eksternal memiliki KMO sebesar 0.698. Hal ini menunjukkan instrumen dalam penelitian ini sudah valid dan memiliki ketepatan dalam analisis faktor. Dari faktor internal, minat memberikan pengaruh terbesar, yakni dengan muatan sebesar 0.865. Sedangkan pada faktor eksternal yang memberikan pengaruh terbesar dengan nilai muatan sebesar 0.784 adalah program sekolah dalam mempengaruhi hasil karya siswa dalam mata pelajaran desain multimedia di SMKN 7 Jakarta. This research aims to describe and determine the dominant factors that influence students work in the subjects of multimedia design at grade XI Multimedia in SMK 7 Jakarta at Jl. Tenggiri 1 East Jakarta. The research was conducted at SMK 7 Jakarta, held in May 2016. The method used is descriptive quantitative with factor analysis. The research population was the whole class XI Multimedia department at SMK 7 Jakarta. Primary data in this research using a likert scale of 1-4 because this scale can measure symptoms of behavior or attitude of the respondent. The instrument is said to be reliable and valid if the value of KMO ≥ 0.5. The research was limited to two factors that affect the work of students in the subjects of multimedia design, namely internal factors which consist of interests, talents, cognitive, and intelligence, as well as external factors which consist of curriculum, programs, facilities and amenities, and teachers. Based on the results that internal factors have KMO of 0.70 and external factors have KMO of 0698. This shows the instrument in this study is valid and has the accuracy of the factor analysis. From internal factors, interest gives the greatest influence, namely the value of communalities of 0.865. While the external factors that have the greatest influence with a value of communalities 0.784 is school program in influencing the students work in the subjects of multimedia design at SMK 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Drs. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2) Prasetyo Wibowo Y., S.T. M.Eng
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:02
Last Modified: 26 Apr 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item View Item