STUDI FENOMENOLOGI PEMBELAJARAN LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) BUDHI DHARMA BEKASI TIMUR

ANNIDA FIRDAUSI, . (2015) STUDI FENOMENOLOGI PEMBELAJARAN LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) BUDHI DHARMA BEKASI TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANNIDA FIRDAUSI (1515116067.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran dan menggali informasi mengenai penerapan prinsip – prinsip Andragogi dalam pembelajaran lanjut usia yang berada di Panti Sosial Tresna Werdha Budhi Dharma. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha “Budhi Dharma” di Jl. H. M. Djoyomartono No. 19 Bulak Kapal RT.02/021 Margahayu Bekasi Timur. Penelitian ini terhitung mulai dari bulan Januari 2015 – Juni 2015. Yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah lanjut usia yang berusia 60 tahun ke atas berjumlah 6 orang dan pegawai panti (pekerja sosial) berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber data. peneliti akan membandingkan hasil pengamatan dengan wawancara dan informasi yang didapat dari lanjut usia dan pegawai panti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berbagai aktivitas pembelajaran lanjut usia yang tinggal di Panti terdiri atas Bimbingan Sosial, Bimbingan Psikososial, Bimbingan Spiritual, Bimbingan Keterampilan, Bimbingan Fisik dan Kesehatan, sehingga memenuhi kebutuhan lanjut usia 2) Prinsip-prinsip Andragogi diterapkan dalam pembelajaran lanjut usia di Panti 3) Jenis pelayanan yang diberikan di panti berupa pengasramaan, permakanan, pakaian, pemeriksaan kesehatan, rekreasi, hiburan dan pemakaman This research purpose of this study is to describe the picture and dig up information about principles application of Andragogy in learning elderly which take place in Social Institution Tresna Werda Budhi Dharma. This study held in Social Institution Tresna Werda "Budhi Dharma" in H. M. Djoyomartono Street No. 19 Bulak Kapal RT.02 / 021 Margahayu East Bekasi. This research starting from the January 2015 until June 2015. The informants used in this study were elderly about 60 years old over who is amounted to 6 people and employees of institution (social worker) amounted to 3 people. The collection of data by using the method of observation, interviews, and documentation. Researcher is the main instrument in the implementation of research, which is assisted by the guidelines for observation, interview, and documentation. Techniques used in the analysis of the data is data reduction, data presentation, and making conclusion. Triangulation is done to explain the validity of the data by using a data source. Researchers will compare the result of observations with interviews and information obtained from the elderly and employees of institution. The results showed that: 1) A variety of learning activities of elderly who live in the Institution consists of Social Guidance, Psychosocial Guidance, Spiritual Guidance, Skills Guidance, Physical and Health Guidance, so that it can fulfill elderly needs 2) Principles of Andragogy applied in Learning of Elderly which take a place in Institution 3) Type of services provided in institutions such as hostel, meals, clothing, medical examination, recreation entertainment and funeral.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W, M.Si ; 2). Karta Sasmita, M.Si. Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 06:04
Last Modified: 11 May 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item