PENGUASAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENYANDANG ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER

RENATHA YOLANDA BLANDINA, . (2015) PENGUASAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENYANDANG ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh pemahaman yang mendalam mengenai penguasaan kalimat pada anak penyandang Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini dilakukan pada semester genap, tahun 2014- 2015 di Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini difokuskan pada kalimat lisan ujaran siswa ADHD dan kalimat tulisan hasil siswa ADHD memproduksi kalimat tersebut. Objek penelitian ini, yaitu anak penyandang ADHD kelas 4 sekolah dasar khusus di Tangerang dengan jumlah satu siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu tabel analisis data, yaitu tabel analisis alat sintaksis, tabel analisis satuan sintaksis, dan tabel analisis struktur kalimat pada 84 kalimat lisan dan tulisan ujaran anak ADHD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 84 kalimat lisan dan tulisan yang dianalisis, didapatkan 25% urutan, 69,05% bentuk kata, 32,14% intonasi, 10,71% kata tugas, 0% kata pembentuk kalimat, 0% frasa pembentuk kalimat, 20,24% klausa pembentuk kalimat, 67,86% kalimat pembentuk kalimat, 55,95% subjek, 54,76% predikat, 21,43% objek, 14,29% pelengkap, dan 12,29% keterangan. Hal ini menunjukkan bahwa bentuk kata pada kalimat lisan dan kalimat tulisan anak ADHD menjadi yang paling besar digunakan karena memang bentuk kata sangat diperlukan dalam konteks kalimat. Sedangkan yang paling sedikit muncul dalam kalimat lisan dan kalimat tulisan anak ADHD, yaitu penggunaan kata dan frasa. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam Kurikulum 2013 di kelas IV SD pada Kompetensi Dasar 3.1, yaitu menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku dan Kompetensi Dasar 4.1, yaitu mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. H. Achmad HP. ; 2). Dra. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 06:15
Last Modified: 11 May 2022 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28116

Actions (login required)

View Item View Item