ROLAS BARASA, . (2017) FUNGSI DAN TEKNIK PERMAINAN CUK PADA MUSIK KERONCONG ASLI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Rolas Barasa.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan musikologi. Metode ini digunakan untuk memberikan menjelasan dalam bentuk teks dan penotasian tentang fungsi dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli. Tempat penelitian dilakukan di kediaman Rudy Widodo di Depok, Jawa Barat. Waktu penelitian dimulai sejak bulan Oktober 2016 sampai Desember 2016. Hasil penelitian ini menemukan bahwa fungsi cuk pada musik keroncong asli adalah sebagai pembentuk akord dan irama yang paling utama pada musik keroncong asli. Dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli menggunakan teknik strumming, down stroke up stroke, rasgueado, dan ghost note. Terdapat dua gaya permainan cuk pada musik keroncong asli, yaitu gaya “jakartaan” dan gaya “soloan”. Gaya jakartaan adalah gaya permainan dengan lebih banyak memainkan teknik strumming dan rasgueado, gaya soloan adalah gaya permainan dengan karakter permainan arpeggio. Implikasi dari penelitian ini peneliti berharap hasil penelitian mengenai fungsi dan teknik permainan cuk pada keroncong asli didalam skripsi ini diketahui oleh mereka yang ingin mempelajari atau mendalami instrumen cuk pada musik keroncong. Bahkan peneliti sangat menyarankan apabila musik keroncong dijadikan salah satu mata kuliah prodi sendratasik Universitas Negeri Jakarta. The purpose of this study was to determine the functions and playing technique of cuk on keroncong asli music. Research methods used in this study is a qualitative research approach to musicology. This method is used to provide explanation in the form of text and musical notation about functions and playing technique of cuk on keroncong asli music. Place of research conducted at the residence of Rudy Widodo in Depok, West Java. When the study began in October 2016 until December 2016. The results of this study found that the function of the cuk on the keroncong asli music is as forming chords and rhythm foremost on keroncong asli music. And cuk playing technique on keroncong asli use strumming techniques, down stroke up stroke, rasgueado, and ghost notes. There are two styles of play cuk on the keroncong asli music, which is the "jakartaan" style and "soloan" style. Jakartaan style is a style of play more playing with strumming techniques and rasgueado, Soloan style is the style of the playing with a arpeggio playing character. The implications of this study, researchers hope that the results of research on the functions and playing technique of cuk on keroncong asli music on this thesis in mind by those who wish to learn or explore cuk instrument on keroncong. Even when the researchers strongly suggest keroncong used as one of the subjects on Sendratasik Studies Program at Jakarta State University.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hery Budiawan, S.Pd, M.Sn. 2). Drs. Edy Husni Rachim, M.Pd. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:44 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28124 |
Actions (login required)
View Item |