BRIYAN ROY, . (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Rekorder Sopran pada Kelas VII di SMP Budi Cendikia Islamic School Depok Jawa Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BRIYAN ROY.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang langkah- langkah kegiatan pelaksanaan pembelajaran rekorder sopran di SMP Budi Cendekia Islamic School Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi serta wawancara kepada pakar dan narasumber. Tempat penelitian dilakukan di SMP Budi Cendikia Islamic School Depok Jawa Barat, jalan Boulevard Grand Depok City, Jawa Barat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi, dimana peneliti mengadakan pengecekan kembali data yang sudah diperoleh dari lapangan dan data-data yang diperoleh dari data pustaka kepada pakar. Hasil penelitian yang didapat pada pengamatan yang dilakukan adalah: kegiatan diawali dengan salam pembuka. Sebelum dimulai, guru selalu melakukan pemanasan tangga nada C mayor terlebih dahulu. Materi pembelajaran lagu Twinkle-twinkle Little Star dan Amelia. Media pembelajaran yang dipakai pada saat latihan yaitu laptop, partitur, rekorder sopran. Kegiatan inti adalah memulai bermain rekorder dengan notasi angka secara berkelompok. Kegiatan akhir diakhiri dengan evaluasi dari guru secara berkelompok kemudian guru menutup pembelajaran. The purpose of this study is to obtain information about the steps of implementation activities of sopara order instructor in SMP Budi Cendekia Islamic School The research method used in this research is descriptive qualitative research method, by doing observation and interviews to experts and resource persons. The place of research is done at SMP Budi Cendikia Islamic School Depok West Java, Boulevard Grand Depok City, West Java. The validity of the data used in this study is triangulation, where researchers conducted a check back data that has been obtained from the field and the data obtained from the data library to the expert. The results obtained on the observations made are: the activity begins with a greeting opener. Before it starts, the teacher always warms up the C major scales first. Lesson learning material of Twinkle-twinkle Little Star and Amelia. Learning media used during the exercise of laptops, partitur, soprano recorders. The core activity is to start playing a recorder with the numbers notation in groups. The final activity concludes with the evaluation of the teachers in groups and the teacher closes the lesson
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Caecilia Hardiarini, M.pd. 2) Rien Safrina, M.A., Ph.D. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 05:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 05:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28179 |
Actions (login required)
View Item |