KECERDASAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ISLAM AL HUSNA KOTA BEKASI

RINA NOVITASARI, . (2017) KECERDASAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ISLAM AL HUSNA KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RINA NOVITASARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak dalam pembelajaran tari Angsa di TK Islam Al Husna Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini berisi mengenai anak kelompok TK B Muzdalifah di TK Islam Al Husna Kota Bekasi. Pada dasarnya pembelajaran yang ada di TK membantu anak dalam proses perkembangan, salah satunya adalah motorik. Untuk membantu motorik anak berkembang dengan baik, maka dilakukan pembelajaran seni tari. Pada dasarnya seni tari untuk anak usia dini selain membantu motorik dapat mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak, salah satunya yaitu kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran tari Angsa. Penelitian ini telah dilaksanakan di TK Islam Al Husna Kota Bekasi dimulai dari bulan September sampai Desember 2016 dengan subjek penelitian guru tari dan 8 anak kelompok B Muzdalifah dalam pembelajaran Tari Angsa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam proses mencari informasi mengenai pembelajaran dan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran tari Angsa adalah observasi non partisipan, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinasi, kelenturan, ketrampilan, ketangkasan dan kecepatan dalam menarikan tari Angsa siswa TK B Muzdalifah, cukup baik. The Research aims to determine kinesthetic intelligence of children in Swan dance education in TK Islam Al Husna Bekasi City. The background of this research the children in group B Muzdalifah in TK Islam Al Husna Bekasi. Basically learning in kindergarten to help children in the process of development, one of which is motor. To help children develop good motor skills, then do learning the art of dance. Basically dance for early childhood, in addition to helping the motor can develop intelligence possessed by a child, one of which is kinesthetic intelligence in learning Swan dance. This research has been conducted in TK Islam Al Husna Kota Bekasi starting from September to December 2016 with the dance teacher research subjects and eight children in group B Muzdalifah in learning Swan dance. The method used is descriptive qualitative, data collection techniques in the process of searching for information on learning and kinesthetic intelligence in learning Swan dance is non-participant observation, interviews, document studies and literature. The results showed that coordination, flexibility, skill, agility and speed in kindergarten students danced the dance Swan in B Muzdalifah, are pretty good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, S.Sn., M.Pd. 2). Dra. Rahmida Setiawati, M.M.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:55
Last Modified: 26 Apr 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item