PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM IPA UNTUK KELAS V SD

ARIZA BIMA PUTRA, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM IPA UNTUK KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan fokus sebagai media penunjang motivasi pembelajaran siswa, khususnya pada kegiatan praktikum IPA di kelas V Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan pada tahapan pengumpulan informasi awal pada responden siswa diperoleh hasil dalam persentase yaitu sebesar 50% siswa menyatakan bahwa keberlangsungan kegiatan praktikum IPA di sekolah masih kurang baik. Adapun hasil analisis kebutuhan dengan responden guru menunjukkan bahwa keberlangsungan kegiatan pembelajaran IPA masih memiliki kendala di bidang media, guru membutuhkan inovasi baru dalam perangkat pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar IPA, oleh karena itu pembuatan LKPD dapat menjadi salah satu solusi bagi masalah tersebut. Pada uji coba lapangan operasional atau Field Test dengan responden guru dengan siswa, diperoleh hasil bahwa kegiatan pembelajaran IPA pada siswa mengalami peningkatan dari sebelumnya pada analisis kebutuhan. Dari responden siswa, diperoleh hasil persentase sebesar 88% dan dari responden guru diperoleh hasil sebesar 85%. Ini menunjukkan bahwa produk Lembar Kegiatan Peserta Didik memberikan dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa untuk siswa kelas V sekolah dasar. This research and development aims to produce a product in the form of Student Worksheet with focus as media to increase learning motivation for student, especially in science practicum activity. From the data of analysis needs test results on student respondents showed in percentage that is equal to 50%, which means that student learning motivation in science practicum activity class at this stage is “not quite well”. The results of the analysis needs from teacher respondents indicate that they still have a media problem in teaching science, teachers need innovation to increase the quality of media which can interest student so they can be motivated in learning science. In the field operational test with teacher and students as respondents, it showed that science learning activity has increased from earlier in the analysis needs. Of those students, the results obtained by 88% and the percentage of respondents teacher obtained a yield of 85%. It shows that Student Worksheet has a significant impact on increasing science learning motivation in grade V primary school students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dr. M.Syarif Sumantri M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:20
Last Modified: 12 May 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item