PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK KERJA BENGKEL

RIZKA GUSWINITA PRATIWI, . (2017) PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK KERJA BENGKEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab12345 RizkaGP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 39 Jakarta. Jarangnya penggunaan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar dengan aktif, mandiri, dan termotivasi tidak hanya menjadi konsumen informasi saja namun membuat para guru menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran teknik kerja bengkel, peneliti menggunakan model pembelajaran TAI yang diharapkan dapat membangun pengetahuannya sendiri. Metode yang digunakan adalah pra eksperimental dengan desain penelitian yang GLJXQDNDQ\DLWX³ One Group Pretset Posttest”. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X AV SMK Negeri 39 Jakarta. Pada penggunaan sempel diperoleh kelas X AV 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model TAI. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes di uji validitas, reliabilitas pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, lebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan mengguanakan uji-t. di peroleh thitung = 3,74 dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = ����GHQJDQĮ ����GDQGN �� -1= 28. Hal ini menunjukan bahwa thitung < ttabel, jadi H1 : µ1 < µ2. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh pada mata pelajaran teknik kerja bengkel. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas ekperimen X = 28,81 dan rata-rata posttest kelas eksperimen X = 85,01. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran TAI berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik pada teknik kerja bengkel. The objective of this research is to understand the influence of the team assisted individualization (TAI) cooperative learning model on the learning outcomes of the students of SMK 39 Jakarta. The less inovation of learning model that given by teacher makes student learn in activly and un independently. In order to increase students study result especially on learning outcomes of technical workshop, researcher uses web learning which is free eledrome learning that expected can help student to established their own. Methodology that apply in this research is pra experimental and one group pretest posttest as research design. Sample population of research is students from grade X A V of SMK 39 Jakarta. Grade X AV1 is utilized as experimental group. Data collection has been obtained by documentation method and evaluation test. Documentation method obtains data on experimental group. Evaluation test is conducted after the students in the experimental class intervened with TAI. An assessment of the validity, realibility, difficulty and difference impact in experimental class has been done before conducting the evaluation test. The research has applied required test, normality test and homogenity test, on the evaluation test before the findings are analyzed with t-test. Hypothesis test using t-test reveals t-value = 3,74 and from t distribution table reveals t table = 1,70, with α = 0.05 dan dk = 29-1 = 28. This finding shows that t value > t table, thus H1 : µ1 > µ2. It implies that H0 is rejected dan H1 is acceptable, meaning that learning outcomes of the TAI cooperative learning model on technical workshop. The research reveals that the pretest mean of experimental group is x= 28,81 and the posttest mean of experimental group is x = 85,01. It signifies that the TAI has improved learning outcomes of the students in technical workshop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Rusmono, M.Pd 2) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:06
Last Modified: 26 Apr 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item