RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR DALAM UJIAN AKHIR BAHASA INGGRIS: STUDI KUALITATIF DI SMAN 22 JAKARTA

REVINIA DEVIYANTI, . (2017) RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR DALAM UJIAN AKHIR BAHASA INGGRIS: STUDI KUALITATIF DI SMAN 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Revinia Deviyanti_2215120117.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ranah kognitif dan psikomotor yang terdapat dalam soal ulangan akhir semester Sekolah Menengah Atas tahun 2014 dan 2015 kelas sepuluh di SMAN 22 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 sampai Januari 2017. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan konten analisis isi sebagai metode penelitian, soal ulangan akhir dianalisis dengan cara mengategorikan tes kedalam ranah kognitif dan psikomotor. Ranah kognitif diperoleh melalui tes tertulis, sedangkan ranah psikomotor diperoleh melalui tes verbal. Hasil penelitian menunjukkan ada lima kategori dari ranah kognitif yang muncul dalam tes, yaitu 45% Remembering, 28% Understanding, 21% Applying, 5% Analyzing, dan 1% Evaluating. Kemudian, ada dua kategori ranah psikomotor, yaitu Manipulation dan Precision. Kesimpulannya, guru sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk membuat tes ujian akhir dalam mencapai kategori aspek kognitif dan psikomotor dalam penerapan Kurikulum 2013. This study was aimed at finding out the cognitive and psychomotor domains represented in English Final Examination year 2014 and 2015 of Senior High School students grade ten in SMAN 22 Jakarta. It was conducted from September 2016 to January 2017. Using qualitative research with content analysis as the method of the study, the final examinations were analyzed by categorizing the item tests into the cognitive and the psychomotor domains.The cognitive domain is assessed through written test while the psychomotor domain is assessed through spoken test. The result showed that there were five categories of cognitive domain appeared in the tests, they were Remembering with the amount of 45%, Understanding 28%, Applying 21%, Analyzing 5%, and Evaluating 1%. Furthermore, there were two categories of psychomotor domain appeared in the test, they were Manipulation and Precision. In conclusion, teachers need to reconsider the tests that require students to achieve the other categories of the domains in order to fulfill the implementation of 2013 Curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rutsje Helena Damongilala, M.Pd. 2). Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:44
Last Modified: 26 Apr 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item