RHESNA KHARISMA PRAMUDITA, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN I DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
RHESNA KHARISMA PRAMUDITA-5235117163.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran mata kuliah Algoritma dan Pemrograman I terdapat beberapa kendala salah satunya masih kurangnya minat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Hal ini disebabkan oleh banyak mahasiswa yang belum mengetahui sejauh mana pemrograman ini dapat dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat video motivasi belajar untuk mahasiswa agar mendapatkan semangat dalam belajar Algoritma dan Pemrograman I. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Research and Development (R & D) dan Produk penelitian ini menghasilkan produk berbasis video. Pengembangan video motivasi ini telah melalui beberapa tahap evaluasi, yaitu: ahli materi, ahli media, dan uji Responden (Mahasiswa) di Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba produk yang telah peneliti kembangkan, dari persepsi Responden (Mahasiswa) 20 mahasiswa adalah 95,7%. Video motivasi belajar yang telah dikembangkan dapat dikategorikan sangat baik untuk digunakan sebagai alat bantu untuk memotivasi semangat belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer di Universitas Negeri Jakarta. In the process of learning subjects Algorithm and Programming I there are several obstacles one of them is still a lack of interest in studying students of informatics and computer engineering. This is caused by many students who do not know the extent to which this programming can be developed. The purpose of this research is to make video learning motivation for students in order to give the spirit of learning Algorithm and Programming I. The method of this research is Research and Development (R&D). Method and product of this research produce product. Based video development of this motivation video has been through several stages of evaluation, namely: material experts, media experts, and test of Respondents (Students) at the State University of Jakarta. Based on the results of product tests that research have developed, from the perception Respondents 20 stundents is 95,7%. Video learning motivation that has been developed can be categorized as a very useful tool to motivate the spirit of learning students Informatics and Computer Engineering in the State University of Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Hamidillah Ajie, S.Si, M.T 2) Lipur Sugiyanta, Ph.D |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:01 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28282 |
Actions (login required)
View Item |