PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI PADA KELAS X TKJ DI SMK HANG TUAH2 JAKARTA

REVA SITI ARDHITA, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI PADA KELAS X TKJ DI SMK HANG TUAH2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
bab 1- 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan adalah untuk pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle untuk menghasilkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi pada kelas X TKJ meningkat, membuat siswa X TKJ dapat dengan mudah mengakses media pembelajaan di luar kelas dan dimana pun siswa berada, memudahkan guru untuk mengontrol sistem pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai dengan Januari 2017. Media pembelajaran e-learning Moodle diterapkan dikelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning pada kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran e-learning Moodle dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning Moodle pada mata pelajaran Sistem Operasi Kelas X TKJ di SMK Hang Tuah2 Jakarta yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji-t) yaitu diperoleh nilai thitung = 3,01 dan ttabel = 1,714 karena thitung > ttabel yaitu 3,01 > 1,714, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran e-learning. This research is aimed for the construction of E-learning media based on Moodle to increasing X TKJ student’s learning values in learning subject Operating Systems, making the student of X TKJ can easily access learning media outside the classroom and whenever they are, allows teachers to take control the systems of student learning. This study was conducted at December 2016 – January 2017. Media instructional E-learning was applied in class of X TKJ as the experimental class and the class without media instructional E-learning was applied in class of X TKJ 2 as the control class. This research was used quatitative method, is to treat the two classes with different treatment or action. The result of this study is there are differences in learning outcome between classes using or without using the instructional media E-learning in learning subject Operating Systems in class of X TKJ Hang Tuah 2 Vocational School, as the evidenced by the results of data analysis ( t-test) that is obtained by t value = 3,01 and 1,714 for t table, for t value > t table, namely 3,01 > 1,714, it can be said that Ho is rejected. Students are taught using instructional media E-learning has the higher average value than students taught without the use of E-learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Lipur Sugiyanta Phd 2) Bambang Prasetya M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:29
Last Modified: 27 Apr 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item