DEA NUR AINI, . (2017) TEACHER’S ELICITATION IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DEA 2215120120.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengindentifikasi pancingan guru dalam interaksi kelas bahasa Inggris. Penelitian ini difokuskan pada ucapan guru yang muncul selama proses pembelajaran. Peserta penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SD Al-Alaq Bekasi pada tahun akademik 2015/2016. Ucapan direkam dan ditranskrip, kemudian dianalisis rubrik analisis untuk menghitung frekuensi ucapan guru dan siswa. Selanjutnya, pancingan guru dianalisis menggunakan Coulthard (1975) dan Slatery dan Willis (2001). Hasil penelitian menunjukkan ada 108 ucapan teridentifikasi sebagai pancingan. Penelitian ini menemukan bahwa ada 4 tipe pancingan yang digunakan guru, pancingan untuk menginformasikan, pancingan untuk menyetujui, pancingan untuk mengklarifikasi, dan pancingan untuk mengulang. Pancinan yang paling sering digunakan adalah pancingan untuk menginformasikan menggunakan pertanyaan 5W1H sebanyak 49 kali. Pancingan guru tidak sepenuhnya memfasilitasi siswa untuk mengembangkan partisipasi lisan mereka dalam menjawab pertanyaan. Tapi pancingan guru yang telah berhasil membuat siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik. guru bahasa Inggris harus kreatif dalam memberikan pertanyaan. This research was aimed at identifying teacher’s elicitation in English classroom interaction. This research focused on the teacher’s utterances that arose during the learning process. The participant of this study was an English teachers in Al-Alaq Elementary School Bekasi in the academic year 2015/2016. The utterances were recorded and transcribed, then analyzed using table analysis to calculate the frequency of teacher and students’ turn. Furthermore, the teacher’s elicitation analyzed by using Coulthard (1975) and Slatery (2001). The result showed there were 109 utterances identified as elicitation. This study found that there were 4 types of elicitation which were used by the teacher, they are elicit to inform, elicit to agree, elicit to clarify, and elicit to repeat. The most frequently used is elicit to inform by using wh-question for about 49 times. The elicitation do not completely facilitate the students to develop their oral participation in answering questions. But the elicitation have succeed to make students get a better understanding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Nina Wanda Cassandra, M.Pd, 2) Siti Wachidah,Ph.D |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28306 |
Actions (login required)
View Item |