Isti Deviyana Hastuti, . (2012) MATERIALS DEVELOPMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL: (A Survey of How English Materials are Developed by Teachers). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ISTIDEVIYANAH-2215086455-FBS-ED08.pdf Download (361kB) |
Abstract
Materi ajar merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Dalam penyusunannya, materi ajar harus memperhatikan banyak aspek agar layak dapat digunakan bersama dengan siswa. Dengan demikian materi pun harus memenuhi tuntutan dalam silabus dan konteks siswa dalam lingkungannya. Untuk mengetahui cara guru di sekolah menengah pertama mengembangkan materi maka penelitian ini dirancang. Penelitian ini dilakukan pada tujuh sekolah di Kecamatan Kalideres; Kelurahan Semanan, Kecamatan Cengkareng; Kelurahan Cengkareng Barat and Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat. Sebanyak 13 guru bahasa Inggris berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis dokumen digunakan sebagai instrumen utama beserta observasi, kuesioner dan interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar guru menyesuaikan materi ajar dengan kebutuhan siswa dan silabus. Terhitung 15.4% responden sangat setuju bila materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan silabus, 69.2% responden setuju bila materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan silabus dan 14.4% responden tidak setuju bila materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan silabus. Disarankan agar guru terus meningkatkan kualitas pedagogis dan kemampuan lain yang menunjang kualitas dalam menyesuaikan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 14:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 14:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
View Item |