PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI DODOGERAN DI SANGGAR SINAR SELI ASIH BEKASI

VINA METALIA, . (2015) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI DODOGERAN DI SANGGAR SINAR SELI ASIH BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
VINA METALIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara lengkap peran guru dalam pembelajaran tari Dodogeran di sanggar Sinar Seli Asih Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan, di latar belakangi oleh guru di sanggar Sinar Seli Asih Bekasi telah menerapkan peran guru sebagai fasilitator dan motivator yang berdampak baik terhadap sikap siswa dalam belajar menari. Penerapan peran guru sebagai fasilitator dan motivator ini perlu dijadikan model pembelajaran sikap yang bermanfaat bagi guru di sanggar tari yang lain. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur penelitian kualitatif. Proses penelitian berlangsung selama 2 bulan dari bulan Maret 2015 hingga Mei 2015. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, pengamatan, studi pustaka dan studi dokumen. Teknik analisis data mencakup tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan pembelajaran tari dodogeran dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan menari peserta didik, guru melatih anak untuk disiplin, tanggung jawab, mandiri dalam pembelajaran serta percaya diri dalam pengungkapan makna yang terdapat didalam tari dodogeran melalui ragam gerak yang didemonstrasikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan peran guru sebagai fasilitator dan motivator bersifat demokrasi, guru menghargai anak, mengutamakan diskusi, kebebasan berpendapat dan selalu memotivasi anak untuk membentuk anak didik menjadi yang lebih baik dalam kegiatan pembelajaran melalui tugas guru sebagai fasilitator dan motivator dengan cara memberikan perhatian, peraturan, disiplin, hukuman, penghargaan terhadap anak didik, serta kepekaan guru menanggapi keinginan anak didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada keberhasilan anak didik dalam tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 06:29
Last Modified: 18 May 2022 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28428

Actions (login required)

View Item View Item