SURYAMAN, . (2015) HALAMAN JUDUL STUDI ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENGACU MODEL GRASHA-REICHMANN PADA MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN KELAS X SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 26 dan 52 Jakarta Semester Genap Tahun 2014/2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. SKRIPSI LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran gaya belajar siswa yang mengacu Model Grasha-Reichmann pada mata pelajaran kejuruan kelas X SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Penelitian berlangsung April sampai dengan Mei 2015. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 26 Jakarta dan SMK Negeri 52 Jakarta yaitu sebanyak 122 orang. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 122 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi dan dokumentasi. Instrumen berupa kuisioner yang mengacu pada Grasha-Reichmann Student Learning Style (GRLSS) untuk siswa dengan jumlah 60 pernyataan. Didapat 49 jumlah butir pernyataan yang valid dengan reliabilitas sangat tinggi yaitu (r11) = 0,96. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, gaya belajar siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan adalah gaya belajar collaborative/kerjasama (78,93%), pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah adalah gaya belajar collaborative/kerjasama (80,00%), pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik adalah gaya belajar collaborative/kerjasama (78.50%) dan Mata Pelajaran Gambar Teknik adalah gaya belajar participant/partisipasi (75,66%). Hasil wawancara dengan guru pengampu menunjukkan bahwa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan, Ilmu Ukur Tanah dan Mekanika Teknik selama proses pembelajaran menggunakan gaya mengajar ceramah sedangkan untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik menggunakan tutor sebaya. Adanya perbedaan antara gaya belajar siswa dengan gaya mengajar guru menunjukkan hasil yang diperoleh oleh setiap siswa juga memiliki perbedaan. *This study was aimed to know the representation that refers to students' learning styles of Grasha Model-Reichmann in vocational subjects of 10th Grade of Vocational High School (VHS), Competency of Architecture Engineering. The study lasted from April to May 2015. This research is using a descriptive quantitative survey approach. The population in this study were all 10th students of 26 and 52 VHS of Jakarta with a total of 122 people. The sampling method is using the saturated sampling techniques with a total of 122 people. The techniques used for data collection are communication techniques and documentation. The instrument for students that are used in the form of a questionnaire from a total of 60 statements refers to Grasha-Reichmann Student Learning Style (GRSLS). The result is that there are 49 number of valid statement with very high reliability of (r11) = 0.96. Based on the research that has been done, the students' learning styles that is mainly used to the Subject of Building Construction is the collaborative learning style (78.93%), collaborative learning style (80.00%) for the Measure Soil Science Subjects, collaborative learning style (78.50%) for the Engineering Mechanics Subject, and participant learning styles (75.66%) for the Subject of engineering drawings.Results of interviews with teachers indicate that the Subject Building Construction, Measure Soil Science and Engineering Mechanics during the learning process using lecture while teaching style to the Subject engineering drawings using peer tutors. The difference between the student's learning style with teachers teaching style shows the results obtained by each student also had differences
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si ; 2). Drs. Santoso Sri Handoyo, MT |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 18 May 2022 06:32 |
Last Modified: | 18 May 2022 06:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28429 |
Actions (login required)
View Item |