PERBEDAAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOCAD DAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEMALA BHAYANGKARI 1 JAKARTA (Studi Eksperimen pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Kemala Bhayangkari 1 Jakarta)

TRI IKHWAN HASYIM, . (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOCAD DAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEMALA BHAYANGKARI 1 JAKARTA (Studi Eksperimen pada siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Kemala Bhayangkari 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf

Download (350kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (351kB)
[img] Text
abstrak, KaPeng, PerOri TREVISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (656kB)
[img] Text
bab.1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
cover2014TRE1.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Isi TRE 2space.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran Gambar Teknik antara yang menggunakan media pembelajaran Autocad dengan media konvensional di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2014. Penelitian ini merupakan studi eksperimen pada siswa kelas XI di SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta. Populasi yang terdapat pada penelitian yakni seluruh siswa tingkat II Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 103 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster-random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas kelas XI TITL 2 sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan XI TITL 3 sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian uji-t posttest pada kelas XI TITL 2 dan XI TITL 3 diperoleh nilai thitung sebesar 4,151 dengan derajat kebebasan (db) = 40, setelah dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5 % dan db = 40 diperoleh 1,684. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel ( 4,151 > 1,684 ). Sedangkan hasil mean posttest kelas XI TITL 3 yaitu 81,82 dengan peningkatan skor sebesar 30,23 lebih tinggi dari kelas XI TITL 2 yaitu 74,50 dengan peningkatan skor sebesar 24,50. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas XI TITL 2 dan XI TITL 3. Dengan demikian, ada perbedaan hasil belajar gambar teknik pada siswa kelas XI TITL 3 setelah menggunakan media pembelajaran autocad. *This research is aimed to determine whether or not the differences between learning outcomes of Gambar Teknik using Autocad and conventional media in Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta. This research was conducted on October 2014 until December 2014. In this research there are two variables, named the using of autocad media on Gambar Teknik as the independent variable (X) and learning outcomes of Gambar Teknik as the dependent variable (Y). This research used experimental method by using pretest before given the treatment and posttest after given the treatment. Population of this reseach were all students at Second Grade of Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta in 2014 to 2015 amount 103 students. This research used cluster-random sampling. Selected samples of this research were XI TITL 2 about 20 students as control class and XI TITL 3 about 22 students as experimental class. This research used content validity and for reability used alpha cronbach, while for data analysis technique used t-test. From the result of t-test posttest at XI TITL 2 and XI TITL 3 obtained tcount 4,151 with degree of freedom (db) = 40, meanwhile ttable at significance level 5% with degree of freedom (db) = 40 was obtained 1,684. From the result indicated that tcount was greater than ttable (4,151 >1,684). It means there were significant differences in learning outcomes between XI TITL 2 and XI TITL 3. Mean score of posttest at XI TITL 3 was 81,82 with increased score 30,23 was higher than XI TITL 2 was 74,50 with increased score 24,50. The conclusion of this research is there were differences in learning outcomes of Gambar Teknik at XI TITL 3 after using autocad media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irzan Zakir ; 2). Edi Sutadi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:18
Last Modified: 19 May 2022 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

View Item View Item