PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN VEKTOR

HARTINING TYAS, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN VEKTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HARTINING TYAS 3215111255 FISIKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran pokok bahasan vektor.Media pembelajaran ini dirancang untuk menemukan besar dan arah resultan vektor dengan metode jajargenjang serta menemukan proyeksi vektor yang berguna untuk mengetahui resultan vektor dengan metode analisis komponen dan mengetahui hasil perkalian titik.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).Rata-rata tingkat akurasi media pembelajaran ini adalah 0.53% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat akurat.Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA.Indikator validasi meliputi kesesuaian isi, kesesuaian konsep, kesesuaian desain, dan interaktifitas.Hasil validasi diinterpretasikan menggunakan Skala Likert.Hasil validasi materi sebesar 80% yang menginterpretasikan kualitas media pembelajaran ini baik.Hasil validasi media sebesar 83% yang menginterpretasikan kualitas media pembelajaran ini sangat baik.Hasil validasi guru sebesar 90% yang menginterpretasikan kualitas media pembelajaran ini sangat baik.Media Pembelajaran ini juga diujicobakan oleh siswa.Hasil uji coba siswa sebesar 92% yang menginterpretasikan kualitas media pembelajaran ini sangat baik.Hal ini menunjukkan bahawa media pembelajaran pokok bahasan vektor layak digunakan sebagai media pembelajaran. This study aims to develop and produce instructional media subject vector. Instructional media is designed to find the magnitude and direction of vector resultant by the parallelogram vector addition method and find vector component, which is useful to know the vector resultant by analysis component method and know the results of the dot product. The method used in this research is the method of Research and Development. The average level of accuracy of this instructional media was 0.53%, which indicates that the learning media is very accurate. Validation is done by materials experts, media experts, and a high school physics teacher. Indicators include the validation of the suitability of the content, the suitability of the concept, appropriateness of design, and interactivity. The Result of validation is interpreted using Likert Scale. Results of the validation of material by 80%, which interprets the quality of instructional media is good. Media validation results by 83%, which interprets the quality of this instructional media is excelent. Results of the high school teacher validation of 90%, which interprets the quality of this instructional media is excelent. This instructional media is also tested by the students. The studenttest results of 92%, which interprets the quality of this instructional media is excelent. This indicatethat the instructional media subject vector feasible to be used as instructional media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Dr. Esmar Budi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:27
Last Modified: 19 May 2022 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28448

Actions (login required)

View Item View Item