PENGEMBANGAN PELENGKAP BUKU SISWA KELAS IV SD PADA TEMA “INDAHNYA KEBERSAMAAN Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam Mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PELENGKAP BUKU SISWA KELAS IV SD PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN”

DAHLAN FATHURAHMAN, . (2015) PENGEMBANGAN PELENGKAP BUKU SISWA KELAS IV SD PADA TEMA “INDAHNYA KEBERSAMAAN Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam Mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PELENGKAP BUKU SISWA KELAS IV SD PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dahlan Fathurahman (1215091706).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif sebagai pelengkap buku siswa untuk kelas IV SD pada tema “Indahnya Kebersamaan”. Pengembangan multimedia interaktif ini mengacu pada model pengembangan produk yaitu model pengembangan Rapid Prototyping. Berdasarkan model tersebut, penelitian pengembangan ini telah melalui tahap assess needs and analyze content, set objectives, constructing a prototype, utilizing the prototype, dan installing the final system.Evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Dari data hasil ujicoba ahli secara keseluruhan adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 3,51 dari skala 4. Sedangkan data yang diperoleh dari hasil one-to-one mendapatkan nilai rata-rata 91,10 dan nilai rata-rata small group 94,81 yang artinya multimedia interaktif dinilai sangat sesuai. Data dari hasil field test melalui pre test dan post test terjadi peningkatan nilai dari 65,18 menjadi 96,47 dari 18 responden sehingga dapat dikatakan bahwa Multimedia Interaktif yang digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku teruji Efektifitasnya. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Multimedia Interaktif “Indahnya Kebersamaan” untuk kelas IV SD memiliki kriteria baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Serta media ini dapat menumbuhkan kondisi belajar yang menyenangkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa *The development research aims to produce interactive multimedia products such as complementary books for fourth grade elementary students on the "Beauty of Togetherness" theme. This interactive multimedia development refers to the Rapid Prototyping product development model. Based on the model, It has been through the stages of assessed needs and analyze the content, the set objectives, constructing a prototype, utilizing the prototype, and installing the final system. Evaluation in this study using formative evaluation involving three experts that matter experts, media specialists, and instructional design experts. Overall, data from the experts’ trial is very well with the average value of 3.51 of the scale 4. The data obtained from the oneto-one result get the average value of 91.10 and the average value of small group is 94.81 which means interactive multimedia considered very appropriate. The data from the field test results through pre-test and post-test get increased from 65.18 into 96.47 out of 18 respondents.This research can be concluded that the development of the "Beauty of Togetherness" Interactive Multimedia for fourth grade elementary students has a good criteria to be used as a learning media. And It can foster a fun learning conditions in increasing students' motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:05
Last Modified: 20 May 2022 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item