PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION DENGAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN

INDAH DWIPHAYANTI, . (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION DENGAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan analisis adalah kemampuan seseorang untuk merinci suatu keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan di antara faktor-faktor yang satu dengan faktor-faktor yang lainnya. Pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analisis siswa antara lain model pembelajaran ARIAS dan STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa melalui pembelajaran model ARIAS dengan STAD pada pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada bulan Mei 2014. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test only grup design. Sampel penelitian pada masing-masing kelompok berjumlah 32 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji homogentias dengan uji F. Berdasarkan perhitungan diperoleh data normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan p-value yaitu 0,000, dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa melalui pembelajaran model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction dengan Student Teams-Achievement Divisions pada pencemaran lingkungan. Analytical thinking is the ability to specify a state according to the parts that are smaller and able to understand the relationship between the factors of the other factors. Learning to develop students' analytical thinking skills include learning model ARIAS and STAD. The aim of this research was to difference between student analytical thinking skill using ARIAS and STAD Learning Model on Environmental Pollution. This research was conducted at SMAN 31 Jakarta on May 2014. A quasi experimental method with Post-test only group design was used in this research. A total sample of 32 students was selected by simple random sampling. Normality and homogeneity test performed by Kolmogorov- Smirnov and F-test, respectively, showed a normal and homogenous data distribution. The statistical Hypothesis test resulted from t-test with significance level at α= 0.05 showed the p-value was 0.000. Based on the result, it was concluded that there is differences student analytical thinking skills using Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction and Student Teams-Achievement Divisions learning model on Environmental Pollution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Reduk Nilawarni, DA. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut., M,Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:16
Last Modified: 20 May 2022 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item