RHETORISCHE FIGUREN DAN ASPEK SEMIOTIK DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MAJALAH FREUNDIN

NUR LELASARI, . (2015) RHETORISCHE FIGUREN DAN ASPEK SEMIOTIK DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MAJALAH FREUNDIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur lelasari.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan rhetorische Figuren dan aspek semiotik dalam 10 buah iklan produk makanan dan minuman pada majalah Freundin Nr.26 bulan Desember 2014. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Positionsfiguren, Wiederholungsfiguren, Erweitungsfiguren, Kürzungsfiguren, Appellfiguren, ikon, indeks, dan simbol apa saja yang digunakan dalam iklan produk makanan dan minuman. Rhetorische Figuren dan aspek semiotik tersebut dianalisis melalui kajian linguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan Positionsfiguren, Wiederholungsfiguren, Erweitungsfiguren, Kürzungsfiguren, Appellfiguren, ikon, indeks, dan simbol dalam 10 iklan tersebut. Delapan rhetorische Figuren yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Ellipse, Apostrophe, Ausruf, Anapher, Asyndeton, Anastrophe, Polysindeton, dan Endreim. Ellipse adalah rhetorische Figur yang ditemukan dalam setiap iklan. Penggunaan Ellipse menunjukkan bahwa bahasa iklan adalah bahasa yang ekonomis. Sedangkan rhetorische Figuren yang lain, yaitu Parallelismus, Chiasmus, Gemination, Epipher, Alliteration, Paronomasie, Diaphora, Wiederholung einzelner Morpheme in unterschiedlicher morphologischer Umgebung (durch Flexion oder Wortbildung), Klimax, Antithese, Oxymoron, Zeugma, dan rhetorische Frage tidak ditemukan dalam penelitian ini. Semua aspek semiotik, yaitu ikon, indeks, dan simbol yang ada pada 10 iklan tersebut memiliki arti yang menunjang kalimat dalam iklan. Ikon adalah gambaran bentuk asli dari produk. Indeks dan warna latar pada iklan adalah tanda yang diinterpretasikan oleh pembaca untuk mempengaruhi opini pembaca iklan. Sedangkan logo adalah simbol yang menunjukkan identitas produsen suatu produk. Ikon, indeks, dan simbol tersebut menunjang kalimat-kalimat yang memuat rhetorische Figuren, sehingga kalimat-kalimat iklan yang ekonomis tersebut saling berkaitan dengan setiap ikon, indeks, dan simbol pada iklan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Erna Triswantini, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 03:37
Last Modified: 23 May 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item View Item