MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI ANGKA MENGGUNAKAN ALAT MUSIK PIANIKA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

FITRI LENDA TAWANG, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI ANGKA MENGGUNAKAN ALAT MUSIK PIANIKA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_FITRI LENDA TAWANG_1815118463.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca notasi angka mengunakan alat musik pianika kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 24 orang. Pembelajaran SBK berlangsung pada semester 2,tahun ajaran 2014-2015 dengan menggunakan alat musik pianika, baknyaknya siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui penggunaan alat musik pianika pada siklus I Kemampuan membaca notasi angka, 58,3% dan mencapai 83,3 % pada siklus II. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 80.00 % dan mencapai 82.00 % pada siklus II. Dengan demikian melalui penggunaan alat musik pianika dapat meningkatkan membaca notasi angka. Implikasi dari penelitian ini adalah kemampuan membaca notasi angka meningkat jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan alat musik pianika untuk menarik perhatian siswa dalam mempelajari teknik menggunakan alat musik pianika yang baik. The purpose of this study was to determine Improve Reading Ability Musical Notation Numbers Using pianika Class V SDN Pasar Manggis 03 Pagi. Subjects in this study were students of class V SD, amounting to 24 people. SBK learning takes place in the second semester of the academic year 2014- 2015 with the use of musical instruments pianika, number of cycles there are two, namely the cycle I and cycle II. The results show the data obtained during the learning process through the use of musical instruments in the first cycle pianika ability to read notation of numbers, 58,3% and reached 83,3% in the second cycle. Results of monitoring instruments of action in the first cycle is 80,00% and reached 82,00% in the second cycle. Thus through the use of musical instruments pianika can improve the ability to read notation numbers. The implication of this research is the ability to read notation numbers increase if the learning is done by using musical instruments pianika to attract the attention of students in learning the techniques used musical instruments pianika good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:38
Last Modified: 23 May 2022 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28609

Actions (login required)

View Item View Item