PERILAKU SISWA HAMBATAN MEMBACA PERMULAAN KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Inklusi 14 pg Jatinegara Kaum dan Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Inklusi 02 Pisangan Jakarta Timur)

FENTY FERISTU, . (2015) PERILAKU SISWA HAMBATAN MEMBACA PERMULAAN KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Inklusi 14 pg Jatinegara Kaum dan Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Inklusi 02 Pisangan Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4.KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB)
[img] Text
1. Kop Judul Skripsi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (531kB)
[img] Text
8.BAB 2.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9.BAB 3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
7.BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
10.BAB 4.pdf

Download (368kB)
[img] Text
11.BAB 5.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa hambatan membaca permulaan di kelas rendah. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa hambatan membaca kelas 2 dan 3 di SD 14 pg Jatinegara Kaum dan SD 03 Pisangan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan refleksi analisis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku siswa hambatan membaca kelas rendah mengalami masalah pada penghargaan diri yang rendah. Hal ini ditunjukkan ketika siswa melakukan kegiatan membaca secara individual maupun klasikal, seperti perilaku diam, menolak membaca, dan menggerakan anggota tubuh maupun benda pada saat proses kegiatan membaca. Guru perlu menerapkan program pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar tanpa rasa tertekan sehingga dapat memunculkan penghargaan diri yang tinggi pada siswa *This qualitative descriptive study research aimed to know the behaviors of early students with reading obstacle at lower grade. The samples of this study were 8 students with reading obstacle grade 2 and 3 in SD 14 Pagi Jatinegara Kaum and SD 03 Pisangan. This study used qualitative approach with descriptive method. The data was obtained through observation that was analyzed by using analysis reflection, interview, and documentation study. The result of this study showed that the behaviors of students with reading obstacle at lower grade experienced complication on low self pride. This result was showed when the students were having reading activities either individually or classically, such as being silent, refusing to read, and moving either parts of body or things around in the process of reading activity. The teachers should apply learning programs that can make the students learn without feeling depressed therefore it can emerge higher self pride on the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Arif Taboer, M.Pd ; 2). Drs. Nirsantono Hasnul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:50
Last Modified: 25 May 2022 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28679

Actions (login required)

View Item View Item