MAGHFIROH TRI KUSUMASTUTI DEWI, . (2015) KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK PENGGUNA TABLET PC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk menjalin hubungan, bekerja sama, berkomunikasi antara individu dengan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan interpersonal anak pengguna tablet pc usia 5-6 tahun di Perumahan Harapan Sejahtera Blok B, Pinang, Tangerang pada Tahun 2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus (case study) yang dimaksudkan untuk mempelajari secara intensif latar belakang suatu keadaan atau posisi, serta melihat interaksi unit sosial tertentu yang bersifat apa adanya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil penemuan pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang menggunakan tablet pc hanya memunculkan tiga aspek dari beberapa aspek yang ada. Kemampuan berkomunikasi verbal anak dalam hal bertanya dan menyatakan keinginan agak sedikit kurang karena anak yang menutup diri, sedangkan terjadi penambahan kosa kata bahasa inggris saat anak bermain games. Kemampuan berkomunikasi verbal anak yang ditemuakan adalah anak lebih sering menggunakan bahasa isyarat seperti menganggukan dan menggelengkan kepala, serta sikap menjadi mudah menendang, memukul, berteriak, menangis dan tidak sabar. Kemampuan bekerja sama seperti berbagi, bergiliran dan memahami aturan memiliki kesaaman dengan anak lainnya, hanya saja sedikit berbeda perilaku berbagi anak dengan teman dan dengan saudara kandung. Anak pengguna tablet pc cenderung tidak dapat berbagi pada saudara sendiri. Implikasi dalam penelitian ini diketahui bahwa anak usia 5-6 tahun penggunaan tablet pc dapat dilakukan dengan pengawasan intensif dan perhatian dari orang tua, sehingga tablet pc dapat digunakan sebagai pembelajaran dua arah dan bermanfaat untuk anak. The Interpersonal is the ability to establish a relationship, working together, communicating between individual with each other. This study aims to describe the establishment of interpersonal ability users tablet pc in children aged 5-6 years at housing cottage of Harapan Sejahtera, Tangerang,2014. This research uses descriptive qualitative method (cases study) and conducted in children 5-6 years at housing cottage of Harapan Sejahtera, Tangerang. This examination is intended to study the case in intensive background, as well as see intraction of specific social. The procedure of data collection is done by observation, interview, and documentation. Analysis of data using data reduction, data display and verification/ conclucions. The findings on this research is the children using tablet pc aged 5-6 years only led three aspects of some aspect. The verbal communications of the child reduce in question and want a little bit, while the vocabulary of English when children playing tablet pc. Children more often use sign language in communicating while playing a tablet pc and they more easy to kick, scream and cries. Children use tablet pc are able to work together, sharing, taking turns and understand the rules, but have the behavior of the time sharing. They can playing and sharing with friends but don’t sharing with their siblings. The implications of the research are child using tablet pc aged 5-6 years can be done with intensive supervision and guidance of a parents with an explanation, so tablet pc may be use as learning and beneficial for children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Nurjannah SP, M,Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:30 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28729 |
Actions (login required)
View Item |