KESALAHAN PEMARKAH KOHESI DALAM PENGEMBANGAN PARAGRAF TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 KOTA BEKASI

AUDYNA GUSTIA ANGRE, . (2016) KESALAHAN PEMARKAH KOHESI DALAM PENGEMBANGAN PARAGRAF TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI Audyna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pemarkah kohesi dalam teks eksplanasi yang ditulis oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Bekasi. Data-data kesalahan tersebut dapat dijadikan prediksi pada bahan pengajaran guru dan pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan teknik analisis kesalahan. Analisis dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan, menjelaskan kesalahan, kemudian memperbaiki kesalahan tersebut. Waktu penelitian dimulai pada bulan Februari sampai Juli 2016. Hasil penelitian terhadap seluruh data yang mewakili teks eksplanasi siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Bekasi dalam pemarkah kohesi khususnya pada gramatikal ditemukan kekeliruan atau kesalahan. Pada pengembangan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bekasi mengenai pemarkah kohesi gramatikal, ditemukan 43 kesalahan. Kesalahan pemarkah gramatikal yang paling dominan ditemukan adalah konjungsi, kemudian referensi, ellipsis, dan tidak ditemukan kesalahan pada substitusi. Konjungsi terdapat 38 macam kesalahan, kemudian referensi terdapat 3 macam kesalahan, dan ellipsis 2 macam kesalahan. Kesalahan konjungsi yang paling dominan terdapat pada konjungsi aditif ditandai dengan 12 kesalahan dengan prosentase 0,20. Kemudian, konjungsi pertentangan dengan 10 data keselahan dengan prosentase 0,17. Konjungsi sebab-akibat terdapat 7 data kesalahan dengan prosentase 0,12. Hasil data-data kesalahan ini, kemudian dirancang dijadikan rancangan pembelajaran materi untuk digunakan umpan balik dalam pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini akan diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas pada teks eksplanasi. Implikasinya dapat diturunkan pada kompetensi dasar 4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang dibuat dengan baik secara tulisan. Saran dalam penelitian ini guru bahasa Indonesia hendaknya memperlihatkan kesalahan-kesalahan pemarkah kohesi yang dilakukan oleh siswa pada teks yang telah dibuat, dengan begitu siswa tahu letak kesalahannya. Guru bahasa Indonesia hendaknya lebih peka untuk membimbing dalam memperbaiki kesalahan dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sintowati Rini Utami, M.Pd., ; 2). Siti Ansoriyah, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:37
Last Modified: 17 Jan 2020 15:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item