Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab untuk Siswa MTs.N  Jakarta Timur

DEWI SETYA RAHMAWATI, . (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab untuk Siswa MTs.N  Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Dewi Setya Rahmawati - 2715130683.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N)  Jakarta pada semester II Tahun Ajaran   , yang di mulai dari bulan Maret hingga Mei  dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Metode Problem Based Learning” dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N)  Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N)  Jakarta, dan sampelnya adalah siswa kelas VII sejumlah  siswa terdiri dari  siswa sebagai kelas kontrol dan  siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =  Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena   h i t u n g   <   t a b e l  , Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung  < Ltabel . Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari  adalah  sedangkan nilai t-tabel adalah  untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan metode “Problem Based Learning”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pelajaran pembelajaran bahasa arab, dan mereka lebih mudah menerimanya, karena “Problem Based Learning” mengajak siswa untuk lebih aktif, fokus dan imajinatif dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Problem Based Learning” dalam pelajaran bahasa arab. This research was conducted at State Madrasah Tsanawiyah (MTs. N)  Jakarta in the second semester of    academic year, which started from March to May  with the aim to know the influence of "Problem Based Learning Method" in improving the Arabic language learning outcomes of the students of State Madrasah Tsanawiyah (MTs. N)  Jakarta. The method used in this research is experimental method. With the study population are students of State Madrasah Tsanawiyah (MTs. N)  Jakarta, and the sample is grade VII students of  students that consist of  students as control class and  experimental class students. Sampling technique is done by "Purposive Sampling", that is an intentional sampling technique in accordance with requirement of sample which needed. The instrument used is a final test in the form of a written test. Data analysis technique used is descriptive statistics and hypothesis test used is t�test at signification level =  The t-test results were obtained after the Normality Test and Homogeneity Test. Homogeneity test with the result of clustering Y and X has homogeneous variance because   count   <   tabel , Normality Test which has normal distributed data with result Lcount  < Ltabel . After the test, the t-count value obtained from  is  while the t-table value is  for degrees of freedom (dk = ). Since the t-count obtained is greater than the t-table price, the null hypothesis (H0) is rejected and the research hypothesis (H) is accepted. The results of this study indicate that students get a significant influence in student learning outcomes that use the method of "Problem Based Learning". Students are more interested in learning Arabic especially in Arabic learning lessons, and they are easier to accept, because "Problem Based Learning" invites students to be more active, focused and imaginative in learning, and can relate learning materials to the environment and practice it everyday. For that teachers should use learning methods in accordance with teaching and learning activities, especially "Problem Based Learning" in Arabic language lessons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Moh Aziz Ritonga,M.A 2) Drs. Chakam Failasuf,M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 May 2022 08:33
Last Modified: 23 May 2022 08:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item