NUR INDAH SETIAWATI, . (2015) ANALISIS KEBUTUHAN ELEMEN MULTIMEDIA ANIMASI DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI KONTEN PADA SISTEM REPOSITORI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_Nur-Indah-Setiawati_5235107379.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebutuhan elemen multimedia animasi dalam pengembangan media pembelajaran oleh guru multimedia di SMK Jakarta dan mengembangkannya sebagai konten pada sistem repositori multimedia pembelajaran. Penelitian ini berfungsi memberikan konten pada sistem repositori multimedia pembelajaran dan dapat membantu untuk mendapatkan elemen animasi untuk media pembelajaran yang bersifat bebas pakai dan non-komersil. Penelitian dilakukan di Laboratorium Multimedia Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, SMK Negeri 48 Jakarta pada bulan Maret – Juni 2014. Metode yang digunakan adalah metode peneltian dan pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan produk multimedia Luther-Sutopo dalam pengembangan multimedia animasi. Penelitian awal dilakukan untuk melihat kebutuhan elemen animasi dalam pengembangan multimedia pembelajaran di sekolah yang mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP). Lalu selanjutnya mengembangkan multimedia animasi untuk pengembangan media pembelajaran yang berjumlah 20. Jenis instrumen yang digunakan berupa kuesioner berisi 20 animasi yang diisi oleh ahli materi dan media. Data hasil survey berupa kuesioner dianilisis menggunakan naratif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 20 animasi yang dikembangkan telah sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran perakitan komputer di SMK dan 13 animasi telah memenuhi seluruh aspek penilaian media. Animasi dapat digunakan sebagai konten dari sistem repositori untuk multimedia pembelajaran. This research aims to determine the criteria requirements of multimedia animation element in the development of instructional media by multimedia teachers at vocational schools and develop it as a content repository of multimedia learning system. This research serves to provide content to the repository of multimedia learning system and could be a reference for animation elements for the media that is free to use and non-commercial. The research was conducted in a multimedia laboratory of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, SMK Negeri 48 Jakarta in March-June 2014. The used method is research and development method using multimedia product development Luther-Sutopo for developing multimedia animations. Initial research conducted to see the needs of animated elements in the development of multimedia learning in school that refers to Perancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Furthermore, developing multimedia animation for the development of instructional media, amounting to 20. This type of instrument that is used in the form of a questionnaire containing 20 animations are filled by experts and media materials. A questionnaire survey data is analyzed by using descriptive narrative. The conclusion of this research is 20 animation that have been developed in accordance with the basic competencies of a computer assembly in vocational subjects and 13 animation has complied with all aspects of the media assessment. These animations can be use as content of the repository system for instructional multimedia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Hamidillah Ajie, M.T 2) Widodo, M.Kom |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 May 2022 09:11 |
Last Modified: | 23 May 2022 09:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28878 |
Actions (login required)
View Item |