PENGARUH METODE EGP ( EMOSI, GERAK, PEREVISIAN ) DENGAN MEDIA MUSIK TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CILEUNGSI

BETI AMBARWATI, . (2016) PENGARUH METODE EGP ( EMOSI, GERAK, PEREVISIAN ) DENGAN MEDIA MUSIK TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CILEUNGSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Beti Ambarwati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode EGP( Emosi, Gerak, Perevisian ) dengan media musik terhadap pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 cileungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Control Group Pretest dan Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling melalui kocokan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan menulis cerpen, dengan teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil perhitungan yang di dapat dari sampel di atas yaitu, Pada uji persyaratan analisis data penggunakan uji normalitas (Liliefors). Diperoleh hasil pada kelas eksperimen dengan Lo (0,1023) < (0,161) dan Lo (0,1315) < (0,161) pada taraf signifikasi 0,05. Maka kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Diperolehan Fo (1,07) < Ft (1,85) dengan derajat kebebasan 29 dan taraf signifikasi 0,05. Maka kedua sampel memiliki varians yang homogen. Kemudian hasil uji-t menunjukan Thitung (4,9835) > Ttabel (2,000) dalam taraf signifikasi 0,05 pada dk 58. Maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh metode EGP ( Emosi, Gerak, Perevisian ) dengan media musik terhadap pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 cileungsi. Metode EGP dengan media musik memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran siswa khususnya pada kemampuan menulis cerpen. Metode EGP merupakan metode yang melibatkan kecerdasan emosional siswa dalam mengembangkan ide gagasan yang dimiliki dengan cara berimajinasi dan menuangkannya kedalam sebuah tulisan. Pada kelas kelas eksperimen memiliki nilai ideal 80. Terdapat 70% yang dapat mencapai nilai ideal, dan terdapat 30% siswa yang belum mencapai rata-rata pada kelas eksperimen. Metode EGP media musik dapat digunakan pada materi pembelejaran Bahasa Indonesia seperti teks tanggapan deskriptif atau mata pelajaran lainnya dengan menyesuaikan tema pada materi pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu, Metode EGP (Emosi, Gerak, Perevisian) dengan media musik dapat dipergunakan pada pembelajaran menulis khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Karena dengan menggunakan metode EGP dapat merangsang siswa dalam mengembangkan isi gagasan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boereswati, M.Pd ; 2). Dr. Fathiyati Murtadho, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 14:57
Last Modified: 20 Jan 2020 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item